EmitenNews.com - PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) berencana melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu III (PMTHMETD III), yang lebih dikenal sebagai Private Placement.

Manajemen MDKA dalam keterangan resmi Selasa (7/5) disebutkan MDKA akan mengeluarkan hingga 2.447.298.377 lembar saham, setara dengan maksimum 10% dari total modal yang telah ditempatkan dan disetor dalam perusahaan.

Dana yang diperoleh dari Private Placement ini akan digunakan untuk modal kerja perseroan dan grupnya, serta untuk pengembangan usaha baik melalui belanja modal, pembelian saham, pembelian aset, penyertaan saham, atau metode transaksi lainnya yang sesuai dengan industri grup perseroan.

Diharapkan penerbitan saham baru dari PMTHMETD III akan meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan, tulis manajemen.


Pelaksanaan PMTHMETD III akan memberikan tambahan dana untuk mendukung pengembangan usaha perseroan serta memperkuat struktur permodalan.

Meskipun demikian, kepemilikan saham dari pemegang saham saat ini akan mengalami dilusi maksimum sebesar 9,091% setelah pelaksanaan PMTHMETD III.

Adapun aksi korporasi ini akan dihelat dalam rentang waktu 2 tahun usai mendapat restu pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 12 Juni 2024.