EmitenNews.com - Indonesia tanpa gelar juara di  BWF World Tour Finals 2021. Kekalahan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon atas Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) memupus harapan terakhir Indonesia itu. Kevin/Marcus satu-satunya wakil Merah Putih di ajang tersebut. Dalam partai final Minggu (5/12/2021) sore WIB, Minions kalah 16-21, 21-13, 21-17, setelah berjuang selama 1 jam 1 menit.


Dalam tiga pertemuan terakhir –semuanya di Indonesia– kedua ganda bulutangkis dunia itu, membukukan dua kemenangan untuk andalan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Terakhir di BWF World Tour Finals 2021 itu, Kevin/Marcus keok, setelah sebelumnya menang di final Indonesia Open 2021. Pasangan Jepang tersebut sebaliknya sukses mengulang kesuksesan menjungkalkan Minions seperti di Indonesia Masters 2021.


Hasil hari ini membuat Indonesia kembali gagal meraih satu gelar juara pun, seperti pada edisi 2018 dan 2020 -- setelah ajang itu menjadi suksesor BWF Super Series Finals yang ada pada tahun-tahun sebelumnya.


Satu-satunya wakil Indonesia yang bisa meraih gelar juara dalam gelaran BWF World Tour Masters, sejak berganti nama, adalah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada edisi 2019 di Guangzhou.


Coba cermati dari hasil pada BWF Super Series Finals diketahui gelar juara di ajang tersebut cuma pernah diraih Indonesia pada nomor ganda putra. Pada periode 2008-2017, BWF Super Series Finals tiga kali memunculkan wakil Indonesia sebagai pemenang. Masing-masing dari Hendra/Ahsan pada 2013 dan 2015, lalu Kevin/Marcus pada 2017.


Jadi, totalnya Indonesia sudah punya empat gelar juara dengan rincian tiga kali di BWF Super Series Finals dan satu kali di BWF World Tour Masters.


Dengan rampungnya partai puncak BWF World Tour Finals 2021, dari lima nomor partai yang dipertandingkan, Korea Selatan sukses membawa pulang dua gelar juara. Pertama, dalam rangkaian pertandingan Ahad ini, diraih dari nomor ganda putri dengan kemenangan Kim Soyeong/Kong Heeyong atas Nami Matsuyama/Chiharu Shida dari Jepang.


Harapan Jepang meraih gelar juara berikutnya juga kandas di partai kedua ketika ganda campuran Yuta Watanabe/Arisa Higashino dipaksa menyerah dari pasangan Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.


Di partai ketiga, pada nomor tunggal putri, Korsel meraih gelar juaranya yang kedua dari BWF World Tour Finals 2021. Keberhasilan itu dipersembahkan oleh An Seyoung yang sukses mengatasi pemain India Pusarla V. Sindhu.


Setelah dua wakilnya gagal di final BWF World Tour Finals 2021, Jepang berhasil meraih satu gelar juara. Kemenangan itu dipersembahkan oleh Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang mengalahkan ganda putra andalan Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.


Di partai kelima, tunggal putra, jagoan Denmark Viktor Axelsen berhasil mengatasi pemain Thailand Kunlavut Vitidsarn. ***