EmitenNews.com - Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada para calon anggota kabinetnya, di rumah pribadi di Hambalang, Bogor, mulai Rabu (16/10/2024) sampai Kamis (17/10/2024). Para calon menteri, wakil menteri, kepala badan dan staf khusus Prabowo Subianto menerima pembekalan, antara lain mengenai geopolitik dan ekonomi dari pakar dan praktisi yang di antaranya berasal dari luar negeri.

Dalam susunan acara yang dibagikan oleh Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, diketahui kegiatan itu berlangsung selama dua hari pada Rabu pukul 08.00-16.00 WIB, dilanjutkan pada Kamis pukul 09.00-16.00 WIB.

Prabowo Subianto membuka acara pembekalan itu pada pukul 08.00 WIB, yang juga dihadiri oleh wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Dalam acara pembekalan hari pertama, para calon menteri menerima materi mengenai kepemimpinan, geopolitik, kenegaraan, dan materi khusus mengenai produk domestik bruto (PDB). Selanjutnya, mereka mengikuti acara diskusi disertai sesi tanya jawab. Pembekalan hari pertama berakhir pada Rabu sore pukul 17.00 WIB.

Rencananya, esok, Kamis, pembekalan diisi dengan materi mengenai kecerdasan buatan (AI), media dan komunikasi, lapangan kerja masa depan, dan materi antikorupsi.

Kepada pers, Komandan Detasemen Pengawalan Khusus Menteri Pertahanan, Letkol Inf G Borlak di Hambalang, Bogor, mengungkapkan, para calon anggota kabinet mendatang itu, berdatangan sejak pagi, pukul 06.00 WIB, di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, lokasi acara. 

Yang pertama tiba, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra, yang disebut-sebut bakal menjadi Menko Hukum dan HAM. Tak lama kemudian disusul yang lainnya. Para peserta acara pembekalan itu, datang dengan mengenakan pakaian berwarna putih.

Dalam video yang diterima, Rabu (16/10/2024), terlihat Prabowo dan wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka, yang juga terlihat mengenakan kemeja putih, menyambut, dan menyalami para tokoh yang hadir.

Terlihat hadir antara lain Rosan Roeslani, Natalius Pigai, Nasaruddin Umar, Abdul Mu'ti, Budi Gunadi Sadikin, Sri Mulyani Indrawati, dan Airlangga Hartarto. Ada juga Erick Thohir, Raja Juli Antoni, Sakti Wahyu Trenggono. Lainnya, Nusron Wahid, Budi Santoso, Pratikno, Budi Arie Setiadi, Yandri Susanto, Saifullah Yusuf, Meutya Hafid, dan Agus Harimurti Yudhoyono. 

Hadir pula Kepala BIN Budi Gunawan, yang akan segera lengser. Pensiunan jenderal polisi itu akan digantikan oleh Letjen Purn. Herindra, yang sekarang menjabat wakil menteri pertahanan. Selanjutnya, Budi Gunawan bakal mengisi salah satu posisi dalam kabinet mendatang.

Acara ini berlangsung tertutup di dalam Padepokan Garuda Yaksa itu, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin. ***