EmitenNews.com - Catat! Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) belum pernah mengeluarkan izin robot trading. Robot trading legal di Indonesia harus mendapatkan izin dari Bappebti, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kegiatan perdagangan. Belakang marak kemunculan robot trading pada perdagangan mata uang asing (foreign exchange) yang menjanjikan profit konsisten. Karena tak berizin perlindungan konsumen terancam.


Dalam penjelasannya yang dikutip Selasa (8/2/2022), pihak Bappebti menanggapi maraknya pemberitaan mengenai perusahaan robot trading telah memperoleh perizinan atau sedang mengajukan perizinan dari Bappebti. Sampai kini Bappebti tidak pernah menerbitkan izin usaha kepada perusahaan robot trading mana pun.


Bappebti juga menegaskan, belum ada pemprosesan perizinan robot trading terkait dengan kegiatan di bidang perdagangan berjangka komoditi. Karena itu, bisa dipastikan keberadaan robot trading di Indonesia adalah ilegal. Tidak berizin.


"Intinya, kegiatan robot trading akan ilegal apabila digunakan untuk aktivitas trading di Perdagangan Berjangka Komoditi. Segala aktivitas trading di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi harus mendapat izin dari Bappebti."


Bappebti pun mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai dan memberikan kesimpulan atas berbagi berita yang beredar, sehingga diharapkan tidak terbujuk melakukan investasi atau kegiatan Perdagangan Berjangka Komoditi di entitas yang tidak berizin dari Bappebti.


"Untuk melihat daftar perusahaan yang telah mendapat izin dari Bappebti dapat mengunjungi situs web Bappebti di www.bappebti.go.id," terang Bappebti.


Seperti diketahui belum lama ini, Bappebti telah memblokir 1.222 situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal. Dari jumlah tersebut ada 92 domain opsi biner yang diblokir, seperti Binomo, IQ Option, Olymptrade, Quotex serta platform lain sejenis. Bappebti juga memblokir 336 robot trading seperti Net89/SmartX, Auto Trading Gold, Viral Blast, Raibot Look, DNA Pro, EA 50, Sparta, Fin888, FSP Akademi Pro serta perusahaan sejenis. ***