EmitenNews.com - Praktik korupsi di Tanah Air sudah merasuk ke mana-mana. Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyebut kasus korupsi di Indonesia terjadi di darat, laut dan udara.

 

Dalam debat Cawaprs Pilpres 2024 di JCC, Jumat (22/12/2023), Mahfud mencontohkan korupsi di darat terjadi di aspek agraria dan pertambangan. 

 

"Terjadi di tiga matra alam kita. Kita injak bumi ada korupsi di tanah dan pertambangan. Kita ke laut ada korupsi di masalah kelautan. Di udara ada pesawat terbang kita juga banyak korupsi," kata Mahfud yang juga Menko Polhukam.

 

Hasil riset Transparansi Internasional Indonesia mencatat korupsi juga terjadi di ranah eksekutif, legislatif dan yudikatif.

 

Indonesia pascareformasi tak pernah menembus target pertumbuhan ekonomi hingga tujuh persen. Mahfud menyebutkan, pertumbuhan ekonomi tujuh persen baru pernah tercapai pada era 1981 sampai 1991 silam.

 

"Saya tanya itu ke ahli, ini hanya karena kebodohan kita. Kita enggak bisa naikkan pertumbuhan ekonomi jadi tujuh persen. Karena kita kaya raya. Masalahnya karena korupsi," kata dia.

 

KPU menggelar debat kedua Pilpres 2024 pada Jumat (22/12/2023), khusus Cawapres. Debat diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pukul 19.00 WIB itu, melibatkan para calon wakil presiden.


Hadir Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, pasangan Capres Anies Baswedan. Lalu, Cawapres nomor urut 2, pasangan Capres Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka. Berikutnya, Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, yang menjadi pasangan capres Ganjar Pranowo.

 

Ketiga cawapres beradu gagasan, dalam tema debat masalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur dan perkotaan.