Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2008–2013. Pada periode berikutnya, pasangan ini kembali maju dan meraih kemenangan kedua kalinya untuk masa jabatan 2014–2019. 

Pada Pilkada 2018, Saifullah Yusuf mewakili PKB maju mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Jawa Timur berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas, yang saat itu menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, atas rekomendasi dari PDIP. 

Tetapi, Gus Ipul gagal berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas, yang memutuskan mengundurkan diri dalam kontestasi lima tahunan. Gus Ipul akhirnya maju dalam Pilgub Jawa Timur berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno, anggota DPR sekaligus cucu Presiden Soekarno. 

Sayangnya, Gus Ipul - Puti Guntur Soekarno kalah menghadapi Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. 

Gus Ipul kembali mengikuti kontestasi pemilihan umum pada Pilkada Pasuruan 2021. Lulusan S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Nasional Jakarta pada 1985 ini maju sebagai calon Wali Kota Pasuruan berpasangan dengan Adi Wibowo. 

Pasangan Gus Ipul-Adi Wibowo yang didukung oleh PKB, Golkar, PKS, PABN, dan PPP, unggul dengan meraih 73.236 suara atau 67,9 persen. Gus Ipul dan Adi Wibowo resmi menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan periode 2021–2024, dan akhirnya menjadi mensos di ujung pemerintahan kedua Presiden Jokowi. ***