EmitenNews.com - Emiten tambang batu bara grup Sinar Mas PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) menyampaikan bahwa pada 14 September 2022, Wakil Presiden Komisaris Avinash Ramakant Shah, Madhu Ramachandra Rao selaku Komisaris Independen dan Venkataramani Ranganathan selaku Wakil Presiden Direktur menyampaikan surat pengunduran diri atas jabatannya di anak perusahaan perseroan.

 

Sudin SH Corporate Secretary GEMS dalam keterangan resmi Jumat (16/9)  memaparkan Perseroan akan segera menyelenggarakan RUPS untuk mengganti posisi yang ditinggalkan tersebut di Perseroan dan anak perusahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Dampak kejadian, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha Emiten atau Perusahaan Publik, tutup Sudin.


ABM Investama Tbk. (ABMM) melalui anak usahanya yaitu PT Radhika Jananta Raya (RJR) memutuskan untuk berpartisipasi dalam proses Lelang yang dilakukan oleh GMR Coal Resources Pte. Ltd (GMR) untuk membeli saham GMR di PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS).

 

Rindra Donovan Corporate Secretary ABMM Jumat (16/9) menuturkan bahwa ABMM ditetapkan sebagai pemenang lelang pada tanggal 31 Agustus 2022 dan sehubungan dengan penetapan Perseroan sebagai pemenang Lelang, ABMM, RJR dan GMR telah menandatangani Perjanjian untuk melakukan pembelian 1.764.705.900 saham atau setara dengan 30% modal ditempatkan dan modal disetor GEMS.

 

ABMM dan RJR telah memenuhi seluruh persyaratan pendahuluan dan RJR secara efektif telah menyelesaikan transaksi pembelian Saham pada tanggal 15 September 2022 dengan nilai US$420 juta atau setara dengan Rp6,24 triliun serta tidak terdapat hubungan afiliasi antara RJR dan ABMM dengan GMR, sehingga Transaksi ini bukan merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam dalam POJK 42/2020.