EmitenNews.com - Entitas Mitrabara Adiperdana (MBAP) meneken transaksi afiliasi senilai USD30,42 juta atau Rp469,07 miliar. Transaksi itu, melibatkan Bumi Sekundang Enim Energy (BSEE), dan Mitra Muda Makmur (MMM). Teken kerja sama telah dilakukan pada 13 Juni 2024.

Transaksi itu, berupa pemberian jasa pertambangan oleh MMM kepada BSEE. Pada kerja sama itu, MMM bertindak sebagai kontraktor, dan BSEE beroperasi sebagai prinsipal. ”Transaksi afiliasi telah dilakukan pada 13 Juni 2024,” tegas Chandra Lautan, Sekretaris Perusahaan Mitrabara Adiperdana. 

Alasan dibalik kerja sama itu, sebagai bentuk komitmen perseroan untuk menjaga keberlangsungan usaha, dan anak usaha perseroan. Oleh karena itu, perseroan mengembangkan kegiatan usaha melalui MMM. Di mana, MMM menyadiakan jasa kontraktor pertambangan batu bara kepada BSEE. 

Pertimbangan kerja sama itu antara lain perseroan butuh diversifikasi bidang usaha untuk mengoptimalkan pendapatan. BSEE merupakan afiliasi, sehingga mempermudah komunikasi dalam menentukan keputusan kerja sama. BSEE memberi imbalan sesuai kesepakatan, dan berkontribusi pada pendapatan secara konsolidasi.

MMM, salah satu entitas usaha perseroan dengan porsi kepemilikan saham 100 persen baik langsung maupun tidak langsung. Sedangkan BSEE, salah satu anak usaha Wahana Sentosa Cemerlang (WSC) dengan porsi 0,01 persen, sekaligus pemegang saham perseroan dengan persentase kepemilikan 60 persen. (*)