EmitenNews.com - Bantuan sosial (bansos) sebagai kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dapat mendongkrak daya beli masyarakat. Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaya Kamdani menyebut bantuan sosial ini sangat dibutuhkan masyarakat.

 

“Bansos sangat dibutuhkan di tengah kondisi masyarakat, untuk meningkatkan daya beli," kata Shinta Widjaya Kamdani saat menghadiri Rapat Kerja Koordinasi Nasional Apindo ke-32 di Jakarta, Selasa (30/8/2022).

 

Shinta memaparkan kondisi perekonomian Indonesia saat ini terbilang baik dan kuat, terlebih konsumsi masyarakat menunjukkan tren kenaikan pada triwulan II tahun 2022.

 

Kendati demikian Indonesia perlu berhati-hati, mengingat krisis global mengintai dengan lonjakan inflasi dan harga komoditas. Selain itu pemerintah memberi sinyal kuat terjadinya kenaikan harga BBM, dimana hal itu juga perlu diantisipasi.

 

Menurut Shinta, meskipun pengusaha tidak siap dengan kenaikan harga BBM karena waktunya tidak tepat, namun bansos yang akan disalurkan akan sangat berarti. "Kalau ditanya kita enggak siap sekarang. Yang jelas waktunya bukan sekarang (untuk menaikkan harga BBM)." ***