EmitenNews.com - Emiten milik taipan TP Rachmat PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) telah melakukan peningkatan modal di anak usahanya, PT Adi Sarana Transportasi (ASTA).

Hal itu disampaikan oleh Corporate Secretary ASSA, Jerry Fandy Tunjangan, dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (5/7).

Jerry menuturkan bahwa nilai dari transaksi peningkatan modal ini sebesar Rp20 miliar yang dilakukan oleh perseroan guna mempertahankan persentase kepemilikan saham ASSA di ASTA.

"Selain itu, dalam menjalankan usahanya, ASTA membutuhkan tambahan modal, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada perseroan," tuturnya.

Pasca peningkatan modal ini, ASTA kini memiliki modal dasar sebesar Rp150 miliar dengan modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp120 miliar.

Sementara itu, ASSA memiliki 119.992 lembar saham setara dengan 99,99% senilai Rp119,9 miliar, dan Prodjo Sunarjanto memiliki 8 lembar saham senilai Rp8 juta setara dengan 0,01%.

Sebagai informasi, ASTA merupakan anak usaha langsung dari ASSA dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%.

Selain itu, terdapat kesamaan manajemen di mana Tjoeng Suyanto yang merupakan Direktur ASSA juga menjabat sebagai Direktur Utama di ASTA, sehingga transaksi ini merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/2020.