EmitenNews.com - Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi. Warga sekitar berlarian panik berusaha menghindari gumpalan awan hitam pekat disertai debu, yang terus mengalir ke permukiman. Sedikitnya, dua kecamatan di Lumajang –Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro– terdampak. Kondisinya gelap gulita, yang menambah kepanikan warga.

 

Bupati Lumajang Thoriqul Haq kepada pers, Sabtu (4/12/2021), mengungkapkan, kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB. Ia melaporkan serbuan awan pekat itu, membuat suasana gelap gulita. Sang bupati terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengatasi kondisi darurat tersebut.

 

Sementara itu, seorang pengguna twitter @pambudi_dhani mengunggah video kondisi saat hujan abu vulkanik Gunung Semeru, yang dilaporkan dirasakan sampai di Kabupaten Malang. Seraya menyertakan tagar #prayforsemeru, dalam cuitannya itu, ia menyebutkan langit gelap meskipun saat itu masih sore, sekitar pukul 16.00 WIB. “Suasananya sudah seperti malam hari."

 

Dalam videonya, @pambudi_dhani yang menyebutkan posisinya di Sumber Wuluh, Kabupaten Malang berpesan agar kepala desa di sekitar Lumajang dan Kabupaten Malang waspada.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang terus memantau kondisi dampak dari erupsi Gunung Semeru. Sejumlah personil telah disiapkan untuk menindaklanjuti kondisi terkini dari dampak erupsi Gunung Semeru tersebut. ***