EmitenNews.com - Presiden Federal Reserve San Francisco Mary Daly memperkirakan suku bunga akan dipangkas pada akhir tahun ini. Akan tetapi, dirinya menolak untuk memberikan jadwal atau sejauh mana bank sentral AS akan melonggarkan kebijakannya.


Dengan pasar yang mengharapkan pemangkasan agresif mulai September, Daly mengatakan, kemajuan inflasi dan perlambatan yang jelas dalam perekrutan kemungkinan mendorong The Fed untuk melonggarkan kebijakannya.


"Penyesuaian kebijakan akan diperlukan pada kuartal mendatang. Seberapa banyak yang perlu dilakukan dan kapan perlu dilakukan, saya pikir itu akan sangat bergantung pada informasi yang masuk," katanya, dalam sebuah forum di Hawaii, dikutip dari CNBC International, Rabu, 7 Agustus 2024.


"Namun menurut saya, kita sekarang telah memastikan bahwa pasar tenaga kerja sedang melambat dan sangat penting bagi kita untuk tidak membiarkannya melambat terlalu banyak sehingga berubah menjadi penurunan," tambahnya.


Pernyataan tersebut disampaikan pada hari yang sama ketika Wall Street mengalami penurunan terburuk dalam hampir dua tahun karena investor bergulat dengan ketakutan atas perlambatan pertumbuhan dan respons The Fed.


Pada pertemuan mereka minggu lalu, pejabat Fed memberikan beberapa petunjuk bahwa suku bunga yang lebih rendah akan segera turun tetapi tidak memberikan informasi spesifik. Dalam dua hari berikutnya, laporan yang lemah berturut-turut tentang PHK, manufaktur, dan penciptaan lapangan kerja menimbulkan kekhawatiran bahwa Fed bergerak terlalu lambat.


Seorang pemilih tahun ini di Komite Pasar Terbuka Federal yang menetapkan suku bunga, Daly, berjanji bahwa para pembuat kebijakan akan melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan ekonomi mereka.


"Kami akan melakukan apapun untuk memastikan apa yang kami capai dari kedua tujuan kami, stabilitas harga dan lapangan kerja penuh. Kami akan melakukan penyesuaian kebijakan saat ekonomi memberikan data dan kami tahu apa yang dibutuhkan," pungkasnya.(*)