EmitenNews.com - Gembira sekali Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Sabtu (7/5/2022) pagi, ia meninjau Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, mengecek penanganan arus balik libur Lebaran 2022. Menhub sekaligus mengecek keberangkatan kapal KM. Dharma Kartika VII tujuan Pontianak, Kalimantan Barat. Ia gembira masyarakat menjadikan kapal laut sebagai pilihan angkutan mudik lebaran, antara lain karena menyenangkan.


"Saya hari ini gembira sekali bisa hadir di Pelabuhan Tanjung Mas, melepas masyarakat pada arus balik. Mereka ini akan kembali ke asalnya. Ada yang ke Pontianak sekitar 700 orang dan mereka bawa motor, mobil dan logistik," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.


Menhub Budi Karya Sumadi sempat berbincang dengan salah satu penumpang bernama Supardi, yang memilih kembali ke Pontianak dengan kapal laut. Menhub mengatakan, penumpang tersebut memilih naik kapal kembali ke kampung halamannya, Pontianak karena sangat nyaman.


"Mereka bilang naik kapal sangat enak, seperti plesiran, makannya juga enak," kata Menhub Budi.


Menhub Budi menginstruksikan kapal Navigasi dan KPLP untuk siaga di titik-titik perairan yang krusial, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.


"Kapal-kapal negara, Kapal navigasi dan kapal KSOP bersiaga di semua tempat titik. Apakah di Madura, Selayar, Banjarmasin, Samarinda, Belawan. Semua teman-teman di navigasi dan KSOP siap memback up apabila terjadi sesuatu," katanya.


Sejak awal pemerintah telah menyiapkan dengan cermat dan hati-hati, dalam rangka mengantisipasi lonjakan arus mudik maupun balik yang terjadi pada angkutan laut. Berdasarkan survei Balitbanghub, pada tahun ini sekitar 1,4 juta orang akan mudik menggunakan kapal laut.


Kemenhub telah meminta operator pelayaran mengantisipasi daerah-daerah yang berpotensi mengalami lonjakan penumpang signifikan, dengan melakukan rerouting kapal-kapal ke daerah yang penumpangnya padat. Dengan begitu diharapkan dapat mencegah terjadinya kelebihan muatan kapal yang dapat membahayakan keselamatan. ***