EmitenNews.com - Bali berduka. Sebanyak tiga orang meninggal dunia akibat gempa bumi magnitudo 4,8 yang berpusat di 8 km barat laut Kabupaten Karangasem, Bali, atau 8.32 lintang selatan (LS) dan 115.45 bujur timur (BT).  Di luar itu, 7 orang mengalami patah tulang. Belum termasuk kerusakan rumah, dan gedung akibat terjangan gempa bumi, Sabtu (16/10/2021) pukul 03:18:23 WIB, pada kedalaman 10 km itu.


Kepada pers, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, I Made Rentin, merinci, korban jiwa di Kabupaten Bangli 2 orang meninggal dunia. Kabupaten Karangasem 1 orang meninggal dunia, 7 orang patah tulang. Seorang meninggal dunia di Karangasem masih dalam tahap evakuasi dari reruntuhan bangunan.


“Evakuasi juga masih menunggu tim search and rescue (SAR). Sedangkan 7 orang yang patah tulang sudah berhasil dievakuasi ke Puskesmas terdekat dan RSUD Karangasem,” katanya.


Di Kabupaten Bangli, gempa dirasakan kuat selama kurang lebih 5 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Berbagai kerusakan masih dalam pendataan BPBD. Sedikitnya, lima kepala keluarga (KK) tertimbun longsor akibat gempa tersebut di Kabupaten Bangli.


Dari 5 KK tersebut, 4 orang sudah berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke puskesmas terdekat. Sedangkan 4 orang lainnya berhasil menyelamatkan diri. Namun, dua orang meninggal dunia di puskesmas. ***