EmitenNews.com - Kabar baik bagi penderita gagal ginjal akut anak. Sebanyak 200 vial fomepizole, penawar etilen glikol dan dietilen glikol pada pasien gagal ginjal akut tiba di Indonesia. Donasi PT Takeda Indonesia tersebut tiba dari Jepang, Sabtu (29/10/2022) dini hari pukul 02.00 WIB. Pemerintah kembali memastikan obat itu diberikan secara gratis.


"Hibah ini dilaksanakan dengan itikad baik atas nama kemanusiaan untuk kepentingan kesehatan anak Indonesia," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.


Dalam keterangan Kementerian Kesehatan, fomepizole didistribusikan ke seluruh RS rujukan provinsi Indonesia usai obat ini dinyatakan efektif lantaran 10 dari 11 pasien gagal ginjal akut misterius berangsur membaik.


"Tiga orang anak sudah tidak membutuhkan ventilator dan 1 orang sudah dipulangkan," demikian keterangan tertulis Kemenkes RI.


Sejauh ini, Indonesia mendatangkan fomepizole dari Singapura hingga Jepang dan rencananya menyusul Amerika Serikat.


"Ini upaya yang kita lakukan untuk melakukan pencegahan peningkatan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal. Kita akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit pemerintah yang merawat pasien gangguan ginjal akut," ucap Menkes Budi Gunadi Sadikin. ***