EmitenNews.com - Fase konsolidasi IHSG dalam rentang support 6580 dan resistance 6690 diperkirakan berlanjut pada perdagangan Rabu (27/10).


Salah satu katalis positif berasal dari revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia oleh Kementerian Keuangan RSI, dari 4.3% yoy menjadi 4.5% di Q3-2021.


"Revisi positif ini salah satunya didorong oleh kinerja ekspor yang relatif kuat, seiring dengan kecenderungan penguatan harga komoditas sepanjang Q3-2021," kata analis Phitraco Sekuritas, Valdy Kurniawan.


Dari eksternal, pelaku pasar mengantisipasi data U.S. CB Consumer Confidence di bulan Oktober 2021 dan China Industrial Profit di September 2021. Mereka juga mengantisipasi pengumuman kebijakan monter terbaru Bank of Japan (BoJ) dan European Central Bank (ECB) yang dijadwalkan pada Kamis (28/10).


Pelaku pasar akan mencermati pandangan ECB terhadap lonjakan inflasi di Euro Area dan potensi pengurangan stimulus moneter di akhir tahun 2021.



Menurut Valdy saham-saham yang berkaitan erat dengan pemulihan ekonomi, seperti bank (BBNI, BBRI dan BMRI) dapat kembali diperhatikan pada perdagangan Rabu ini. Saham lain yang juga layak dicermati adalah ASII, SIDO, PGAS, FREN dan IRRA(fj)