EmitenNews.com - Pemerintah sudah melakukan pembahasan terkait teknologi nuklir sebagai salah satu sumber energi baru dan terbarukan. Malah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sedang menyiapkan strategi pengembangan energi nuklir untuk diterapkan pada pembangkit listrik di Indonesia. Indonesia siap mengembangkan pembangkit listrik tenaga nuklir.

 

"Salah satu yang juga bisa memberikan suplai listrik sangat stabil, kemudian bisa punya umur cukup panjang, itu adalah energi nuklir," kata Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito, di Jakarta, Senin (21/8/2023).

 

Sejauh ini, pembahasan terkait teknologi nuklir sebagai salah satu sumber energi baru dan terbarukan sudah dilakukan oleh pemerintah.

 

BRIN sedang menyiapkan segala hal yang dibutuhkan. Mulai dari sumber daya manusia (SDM), kemampuan teknologi, hingga penetapan wilayah.

 

Mego Pinandito memastikan, pemerintah mendapatkan teknologi terbaik, dengan risiko yang paling kecil, efektif, dan efisien untuk diterapkan di Indonesia. Tentu dengan mempertimbangkan sifat-sifat di Indonesia yang negara kepulauan, kemudian dengan sifat musim-musimnya dan sebagainya. ***