EmitenNews.com - Indonesia berhasil meraup transaksi hingga USD714 ribu dalam acara penandatangan kesepakatan dagang antara eksportir Indonesia dengan importir Meksiko.


Penandatanganan dilakukan antara PT Asia Garment Internasional dengan Pareos Del Mar dan antara PT Stone Mall Indonesia dengan Sukabumi Stone Mexico secara daring dari Mexico City pekan lalu.


"Selain berdampak positif bagi perdagangan kedua negara, produk-produk yang diimpor tersebut diharapkan mampu menjadi penggerak bagi produk kreatif lainnya dari Indonesia untuk masuk ke pasar Meksiko,” kata Direktur Promosi Dan Citra Kementerian Perdagangan Merry Maryati dalam sambutannya.


Kementerian Perdagangan sangat mendukung eksportir Indonesia untuk lebih mengembangkan pasarnya.


Penandatangan komitmen dagang merupakan sinergi Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City bersama dengan KBRI Mexico City. Kepala ITPC Mexico City Husodo Kuncoro Yakti menyampaikan, importir Meksiko yang mengimpor produk Indonesia tersebut menyatakan kepuasannya terhadap produk Indonesia.


Husodo memaparkan corak kain sarung pantai, pakaian pantai, serta pakaian musim panas dari PT Asia Garment Internasional ternyata sangat diminati di daerah wisata pantai di Meksiko.


"Selain itu, produk batu natural dalam bentuk bak cuci tangan, dekorasi dinding eksterior maupun interior, serta kolam renang dan bak mandi memiliki kesan selaras dengan alam, indah, dan eksotik. Hal itu ternyata sangat digemari pembeli,” lanjut Husodo.


Ia menjelaskan produk kain pantai sudah dipasarkan di wilayah selatan Meksiko yang terkenal dengan wisata pantainya seperti di Cancun. Adapun produk batu alam juga digemari pemilik hotel maupun rumah-rumah yang ada di Meksiko sebagai pengisi ruangannya.


Duta Besar RI untuk Meksiko Cheppy T. Wartono mengatakan kesepakatan bisnis ini bukan yang pertama kalinya dilakukan antara pihak yang berkepentingan.


"Hal ini menunjukkan adanya kesepakatan yang saling menguntungkan. Selain itu, kesepakatan ini juga menunjukkan bahwa masih banyak peluang kerja sama yang bisa dilakukan dan diharapkan dapat lebih mempererat hubungan antara Meksiko dengan Indonesia," tutur Cheppy.


Kementerian Perdagangan mencatat, total perdagangan nonmigas Indonesia–Meksiko pada 2021 mencapai USD1,3 miliar atau meningkat 46,2 persen dibanding tahun sebelumnya. Adapun impor nonmigas pada 2021 tercatat USD307 juta atau meningkat 14 persen dibanding pada 2020.(fj)