EmitenNews.com - Jejaring bioskop terbesar Indonesia, Nusantara Sejahtera Raya (CNMA) per 30 September 2023 mencatat pendapatan Rp3,81 triliun. Melesat 15,5 persen dari periode sama tahun lalu sejumlah Rp3,3 triliun. Laba bersih Rp420 miliar, surplus 1,4 persen dari posisi sama tahun lalu Rp414 miliar.


Selanjutnya, EBITDA sebesar Rp1,12 triliun, melesat 3,2 persen dari periode sama tahun lalu Rp1,09 triliun. Pendapatan itu, dari penjualan tiket bioskop dengan kontribusi 60,0 persen, diikuti lini usaha produk makanan dan minuman 35,7 persen, iklan 1,7 persen, dan digital platform 2,1 persen. Dominasi tiket bioskop didukung jumlah penonton naik 15,9 persen menjadi 59,1 juta jiwa dari 51,0 juta pasang mata.


“Kalau menilik lebih detail, jumlah penonton Cinema XXI sepanjang kuartal III-2023 sebesar 22,3 juta pasang mata, meningkat dari episode sama tahun lalu sejumlah 20,8 juta penonton. Lonjakan jumlah pengunjung itu, menghasilkan Gross Box Office (GBO) senilai Rp2,5 triliun,” tutur Hans Gunadi, Direktur Utama Cinema XXI.


Cinema XXI berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman, dan kenyamanan menonton film dengan kualitas terbaik, tanpa kompromi, dan harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Komitmen, dan konsistensi tersebut berbuah manis dengan peningkatan jumlah penonton untuk memilih Cinema XXI sebagai sarana menikmati film-film terfavorit. Cinema XXI akan terus menghadirkan fasilitas terbaik di kelasnya, film-film berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri serta rangkaian makanan dan minuman berkualitas untuk melengkapi kenyamanan menonton film di Cinema XXI.


Sementara itu, Arif Suherman, Direktur Cinema XXI menambahkan, peningkatan jumlah penonton juga tercermin dari pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman tumbuh 30,1 persen menjadi Rp1,36 triliun dari periode sama tahun sebelumnya Rp1,05 triliun. Peningkatan itu, juga terefleksi dari peningkatan pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman dibanding pendapatan GBO dari 50,0 persen menjadi 58,9 persen.


Nah, guna makin meningkatkan pelayanan kepada seluruh pencinta film Indonesia, Cinema XXI secara konsisten melakukan ekspansi untuk kedua lini bisnis utama, yakni bioskop dan produk makanan dan minuman. Dari sisi bioskop, untuk memberi akses seluas-luasnya bagi masyarakat menonton film-film favorit, per 30 September 2023, Cinema XXI telah membuka 10 lokasi baru dengan tambahan 45 layar. 


Kehadiran lokasi bioskop makin banyak akan memberi dampak positif pada pertumbuhan industri film nasional. Hingga 23 Oktober 2023, berdasarkan data filmindonesia.or.id, dua belas film nasional telah ditonton lebih dari 1 juta penonton. Misalnya, sewu dino 4,88 juta penonton, air mata di ujung sajadah 3,1 juta penonton, dan di Ambang Kematian 2,73 juta penonton. 


Dari sisi lini usaha produk makanan dan minuman, Cinema XXI menghadirkan inovasi jajanan berkualitas untuk melengkapi kenyamanan saat menonton film. Setelah sebelumnya memiliki varian manis untuk produk croffle, pada kuartal III-2023, Cinema XXI melengkapi produk croffle dengan varian bercita rasa gurih atau savory, yakni Truffle Mushroom Croffle dan Egg 'n Cheese Croffle turut dihadirkan untuk makin meningkatkan pengalaman menonton film terbaik bersama sahabat, dan orang-orang terkasih. (*)