EmitenNews.com - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan 5G Mining jadi bagian teknologi digital canggih, yang merupakan payung besar perusahaannya. Presiden Joko Widodo berpesan agar sektor pertambangan tak terlena, sehingga terlambat beradaptasi dengan teknologi.


"Tambang bawah tanah itu sarat dengan teknologi. Payung besarnya advanced digital technology yang kami terapkan di tambang bawah tanah kami dan di antaranya ada fiber optik, wifi dan 5G," kata Tony Wenas, di Tembagapura, Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022).


Tony Wenas mengaku sependapat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo saat menghadiri peluncuran teknologi 5G Mining di Tembagapura pada Kamis ini. Tujuannya, agar sektor pertambangan tak terlena sehingga terlambat beradaptasi dengan teknologi.


Menurut Tony, perusahaannya berkomitmen menerapkan teknologi baru yang tersedia demi mencapai produksi yang berkelanjutan. “Jadi, apapun teknologi yang tersedia, yang baru akan kita coba terapkan demi mencapai produksi yang sustainable, safe production."


Satu hal, Tony Wenas mengapresiasi kehadiran Presiden Jokowi dalam acara peluncuran teknologi 5G pertama di sektor pertambangan itu. Kehadiran Presiden, kata dia, berada di momentum yang tepat yakni saat perusahaannya sudah mampu meningkatkan kapasitas produksinya.


"PT Freeport Indonesia sudah berhasil meningkatkan produksinya mencapai 100 persen kapasitas produksi dari tambang bawah tanah yang terbesar di dunia," kata Tony Wenas. ***