Kemenparekraf juga menyiapkan beberapa program yang mendukung Creative Entrepreneurship for Gen Z dalam era metaverse. Seperti Santri Digitalpreneur, Apresiasi Kreasi Indonesia, Kemenparekraf Digital Entrepreneurship, Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia, hingga fasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual. 

 

“Kami akan hadirkan program yang tepat sasaran dan tepat waktu. Garap semua potensi online, gercep, dan gerak bersama. Metaverse sendiri akan menjadi bagian dari program promosi dan marketing kami, rencana akan diluncurkan di kuartal ketiga, yaitu Wonderful Indonesia First. Jadi bagian daripada  beberapa destinasi wisata kita yang akan kita tawarkan promosinya maupun aktivasinya melalui metaverse. Saya harap ini akan menjadi peluang usaha dan membuka lapangan kerja baru seluas-luasnya,” pungkas Menteri Sandiaga.

 

Ada banyak kemajuan di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi dalam 8 tahun terakhir. Tetapi ada pula banyak PR terutama untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi seperti sebelum pandemi. “Maka Metaverse, digitalisasi dan perbankan akan menjadi lokomotif agar kita kembali pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” imbuhnya.