EmitenNews.com - Justin atau lebih dikenal sebagai Jess No Limit adalah content creator gaming Indonesia dengan 21.3 juta subscriber di YouTube. Sementara Andika Sutoro Putra adalah seorang investor muda yang telah berkecimpung di dunia pasar modal sejak usia 14 tahun. Dirinya berhasil mencapai 1 miliar rupiah pertama dalam waktu tiga tahun.


Lewat percakapan daring bersama Justin yang diunggah di YouTube pada 21 Desember 2020, Putra berbagi cerita tentang bagaimana cara mendapatkan 100 juta di usia muda.


1.Punya goal 10 tahun kedepan

Penelitian dari Harvard menunjukkan hanya 3% orang yang berhasil mencapai goal 10 tahun yang mereka buat. Sebagai anak muda, harus memiliki goal 10 tahun kedepan dengan perencanaan jelas.


“Dunia diciptakan dua kali. Pertama, di pikiran kita dan kedua, dunia nyata. Makanya saya suka mimpi di siang bolong,“ ucap Putra. Rentetan keberhasilan Andika Sutoro Putra dalam mengejar goals 10 tahun pertama dari usia 15 – 25 tahun:


*Menikah dengan wanita yang dicintai, menggunakan konsep private wedding dan membiayai dengan hasil keringet sendiri.

*Menjadi penulis buku tentang investasi saham.

*Ingin dikenal sebagai investor muda yang sukses.

*Menjadi venture capitalist yang memberikan kucuran dana kepada perusahaan-perusahaan start up – sudah investasi ke 13 perusahaan.

*Memiliki rumah dengan lift dan kolam renang – sudah membeli di awal tahun 2021.


“Menurut penelitian, orang yang punya goal jelas 10 tahun kedepan, mereka punya kekayaan minimal 10x lipat lebih besar dari dibandingkan orang yang gak punya tujuan dari awal. Untuk itu, penting punya tujuan jelas, agar punya jalan menuju kesana,” kata Venture Capitalist ini.


2.Menemukan diri sendiri

Kita dapat melakukan apa yang mau kita lakukan dan mudah mencari tahu diri sendiri dengan IKIGAI. IKIGAI terbagi dalam empat tahap, antara lain:


Cari tahu apa yang kita suka. Dalam bekerja, ada dua tipe: melakukan pekerjaan yang tidak disukai, kemudian dapat uang dan bekerja sesuai hal yang disukai dan mendapat uang. Enjoy atau tidak dalam bekerja menjadi faktor kunci dan pembeda. 


Apakah kita menguasai hal itu? Kita harus paling hebat di bidang yang kita kerjakan. Untuk menjadi hebat, perlu latihan dan belajar dengan tekun.


Dapat penghasilan atau tidak? Seperti Justin, hebat bermain game dan dapat menghasilkan dari esports tersebut.


Harus dibutuhkan sama dunia/orang banyak. Kita sebagai individu harus membuat karya dan bermanfaat untuk banyak orang.