Di lain sisi, dua gol Thailand ke gawang timnas Indonesia dibukukan oleh Anan Yodsangwal (65’) dan Yotsakon Burapha (90+7’). 

 

Dramatisnya, dalam pertandingan ini, wasit mengeluarkan empat kartu merah yang diberikan kepada Komang Teguh (Indonesia), Jonathan Khemdee (Thailand), Soponwit Rakyart (kiper Thailand), dan Teerasak Poeiphimai (Thailand). 

 

Kemenangan atas Thailand sekaligus membuat timnas Indonesia mengakhiri dahaga gelar selama 32 tahun di SEA Games 2023. Sebelumnya, Indonesia kali terakhir mengangkat trofi sepak bola SEA Games tahun 1991. 

 

Pada babak pertama, Komang Teguh beraksi menendang bola ke gawang Thailand dari jarak jauh pada menit ke-17. Sayangnya, upayanya belum berhasil karena bola belum mengarah tepat sasaran. 

 

Bagusnya, dalam empat menit kemudian, timnas U-22 Indonesia berhasil melesatkan gol ke gawang Thailand melalui kontribusi Ramadhan Sananta pada menit ke-21. Semuanya bermula dari lemparan Alfeandra Dewangga yang mengarah langsung ke kotak penalti Thailand. Ramadhan Sananta lalu menyambut umpan Dewangga dengan tandukan. Bola hasil sundulan Sananta masuk menjebol gawang Thailand, 1-0.

 

Berikutnya, Witan Sulaeman melakukan pergerakan dari sisi kiri. Pemain asal Sulawesi Tengah ini, menggiring bola sebelum meluncurkan ke gawang Thailand pada menit ke-32. Kiper Thailand, Soponwit Rakyart, sigap untuk menangkap bola hasil tendangan Witan Sulaeman. 

 

Pada momen lain, Sananta menyambut operan jauh Rizky Ridho untuk menggandakan keunggulan Indonesia. Setelah itu, tidak ada gol lagi tercipta. Situasi itu membuat Indonesia menutup pertandingan babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas Thailand. 

 

Memasuki babak kedua, timnas U22 Indonesia kecolongan. Thailand mencetak gol melalui sundulan Anan Yodsangwal pada menit ke-65. Anan Yodsangwal mampu membukukan gol setelah menyambut umpan dari sepak pojok dengan sebuah sundulan. Thailand pun menipiskan jarak menjadi 2-1 dari timnas U22 Indonesia.