Akan tetapi, orang-orang dengan prioritas kebahagiaan jangka panjang akan berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu. Dibandingkan untuk menyenangkan diri di masa sekarang, seseorang dengan literasi keuangan tinggi akan mengutamakan kesejahteraan di masa mendatang.

 

  1. Siapkan Tabungan untuk Dana Darurat.  Selanjutnya, tips mampu melek finansial adalah menyiapkan dana darurat. Dengan adanya dana darurat, kita dapat mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kebutuhan pengeluaran tidak terduga. Jika tidak digunakan, dana darurat akan menjadi cadangan tabungan yang dapat dipakai memenuhi kebutuhan lain di masa depan.

 

  1. Belajar Investasi dengan Konsisten. Mempelajari investasi adalah salah satu cara mewujudkan melek finansial dengan cepat. Faktanya, menyimpan uang saja tidak cukup, karena uang yang disimpan tanpa diinvestasikan akan tergerus inflasi. Dengan belajar investasi secara konsisten, Anda dapat mempelajari cara mengembangkan pendapatan melalui pendanaan ke sektor-sektor produktif.

 

  1. Terapkan Prinsip Hidup Ikigai. Terakhir, tips mewujudkan melek finansial adalah menerapkan prinsip Ikigai, prinsip hidup orang Jepang agar hidup lebih bermakna. Filosofi ini mengajarkan Anda untuk hidup secara seimbang dari hal yang finansial, keinginan, kebutuhan, dan kemampuan yang dimiliki. Dengan menerapkan prinsip Ikigai, hidup Anda akan lebih tenang dan tentram, karena menjalani hidup berdasarkan kebijaksanaan, bukan hanya berfoya-foya memenuhi kesenangan.

 

“Literasi keuangan membuat generasi saat ini bisa memiliki pengetahuan terkait keuangan. Agar generasi muda mencapai #FinanciallyFit perlu didukung dengan kedisiplinan dan endurance, sehingga tercipta kebiasaan yang baik,” ujar Juky Mariska; Executive Vice President, Wealth Management Head OCBC NISP.