EmitenNews.com - Pencarian terhadap Ahmad Munasir Rafie Pratama terus berlanjut. KBRI Ankara dan KJRI Istanbul telah menerima sejumlah laporan mengenai kehilangan kontak dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu. Pengajar Teknologi Informatika itu, melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia, 4 Februari 2023 dalam rangka tugas kampus. Seharusnya ia sudah kembali ke Tanah Air pada 12 Februari 2023 melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines.

 

Tetapi, KBRI Ankara yang memperoleh laporan dari istri Ahmad Munasir menyebutkan, hanya ada kontak terakhir dari yang bersangkutan pada Minggu (12/2/2023). Ketika itu, sang dosen berada di Bandara Oslo, menunggu penerbangan ke Jakarta. Tetapi, sampai hampir sepekan kemudian, Sabtu (18/2/2023), keberadaan Ahmad Munasir belum diketahui.

 

KJRI Istanbul sudah melakukan komunikasi formal dan informal dengan sejumlah otoritas terkait di Istanbul, segera setelah menerima informasi tersebut. Tujuannya, mencari petunjuk kemungkinan keberadaan yang bersangkutan.

 

Dalam keterangannya kepada pers, Sabtu (18/2/2023), Konsul Jenderal RI Istanbul, Imam Asyari mengarakan, pihaknya sudah menghubungi imigrasi dan otoritas bandara untuk meminta sejumlah informasi yang bisa menjadi petunjuk kemungkinan keberadaan dosen tersebut. KJRI juga sudah menanyakan kepada simpul-simpul masyarakat Indonesia di Istanbul.

 

Ada spekulasi bahwa kehilangan dosen Teknik Informatika tersebut terkait dengan gempa. Tetapi, Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, menepis kemungkina itu. Ia mengatakan bahwa ada banyak kemungkinan terkait kehilangan tersebut. Bahkan belum bisa dipastikan apakah yang bersangkutan masih berada di Oslo atau sudah di Istanbul.

 

“Yang pasti, kecil kemungkinan terkait dengan gempa karena yang bersangkutan diperkirakan menuju Turki tanggal 12 Februari, sedangkan gempa terjadi 6 Februari,” kata Dubes Lalu Muhamad Iqbal.

 

Ahmad Munasir bersama empat anggota tim UII, termasuk Rektor UII Fathul Wahid berkunjung ke University of South-Eastern Norway (USN), pada 5 sampai 12 Februari 2023. Mereka membawa misi untuk mempererat kerja sama kedua universitas

 

Laman uii.ac.id, menyebutkan, tim terakhir bertemu dengan Ahmad Munasir di Oslo Norwegia pada 11 Februari 2023 malam. Ketika itu, tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda dan sang dosen tersebut kembali ke Indonesia sendirian melalui Istanbul Turki.

 

Rencananya, Ahmad Munasir menempuh rute perjalanan Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. Namun, dia tidak berbagi informasi penerbangan detail istrinya dan kolega di UII. Perjalanan ke Riyadh dilakukan, karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut.