EmitenNews.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama mitra kerja dan para pekerja konstruksi di Hunian Pekerja Konstruksi Ibu Kota Nusantara (HPK IKN) merayakan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah 2024 dengan Salat Iduladha dan menyembelih 28 ekor hewan kurban.


Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan bahwa daging dari hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat sekitar serta dimasak untuk agenda makan bersama para pekerja konstruksi di IKN.


"Kami bersama mitra kerja ingin agar Peringatan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah ini juga bisa dinikmati dan dirayakan oleh para pekerja konstruksi yang tinggal di HPK IKN," ujar Iwan Suprijanto di Jakarta pada Senin (17/6/2024).


Iwan menerangkan bahwa pihaknya juga mengajak pengurus Masjid Al Ikhwan di HPK IKN untuk melaksanakan takbiran, Salat Iduladha serta penyembelihan hewan kurban. Oleh karenanya, dibentuk kepanitiaan bersama sebanyak 70 orang agar seluruh proses kegiatan berjalan dengan baik di lapangan.


Melalui kegiatan ini, Iwan berharap agar para pekerja konstruksi dapat memiliki rasa kebersamaan dan semangat dalam bekerja membangun konstruksi bangunan di IKN dengan target terdekat yaitu bulan Agustus mendatang akan dilaksanakan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke - 79 di IKN.


"Kami ingin para pekerja konstruksi memiliki semangat kebersamaan antar pekerja dalam membangun IKN," ucap Iwan dalam siaran pers yang diterima InfoPublik pada Senin (17/


Ketua Masjid Al ikhwan HPK IKN Yuda Ramadhani Lubis menerangkan pada kegiatan Sholat Iduladha kali ini yang bertindak sebagai Bilal Dedi Suteja, Imam Salat Ustaz Mulayana dan Khotib Ustaz Nur Said yang menyampaikan khutbah bertemakan "Meneladani Kesholehan Nabi Ibrahim dan keluarganya".


Yuda menjelaskan bahwa setelah proses penyembelihan selesai sebagian daging kurban akan dimasak untuk agenda makan siang bersama secara gratis untuk para pekerja konstruksi pada keesokan harinya selepas sholat Zuhur di kantin HPK IKN.


"Total jumlah hewan kurban di Masjid Al Ikhwan di HPK IKN yang disembelih usai Salat Iduladha pada hari inu sebanyak 28 ekor. Hewan kurban terdiri dari 15 ekor sapi dan 13 ekor kambing dan proses penyembelihan hewan kurban dilaksanakan oleh para pekerja konstruksi secara bergotong royong," terang Yuda.


Salah seorang pekerja konstruksi di HPK IKN Doni Saiful yang bekerja di Proyek Jalan Sumbu Timur IKN mengatakan dirinya bersama para pekerja konstruksi di IKN sangat senang bisa melaksanakan sholat Iduladha di IKN.


Selain bisa berkumpul bersama teman-teman seprofesi, adanya kegiatan kurban juga membuat mereka merasa betah meskipun jauh dari kampung halaman dan sanak keluarga.


"Alhamdulillah saya bersama teman-teman sangat senang bisa ikut Salat Iduladha dan bisa bekerja menyelesaikan proyek kontruksi di IKN ini. Kami juga senang dengan kegiatan kurban ini dan merayakan Idul Adha di IKN serta berharap agar proyek kontruksi berjalan dengan baik dan lancar," ucap Doni.(*)