EmitenNews.com - Aneka Tambang alias Antam (ANTM) mengembangkan kapasitas para peternak sapi perah. Hajatan itu, melibatkan 46 peternak sapi perah Cimahi, Jawa Barat (Jabar). Tindakan itu, dilakukan untuk mengoptimalkan produktivitas para peternak.

”Kami senantiasa mengoptimalkan potensi masyarakat. Salah satunya diwujudkan melalui kegiatan tanggung jawab sosial, dan lingkungan. Kegiatan itu, diharap memberi manfaat terutama dalam peningkatan populasi sapi perah, optimalisasi produksi, dan produktivitas para peternak,” tegas Syarif Faisal Alkadrie, Corporate Secretary Antam.

Para peternak sapi mendapat materi seputar pemeliharaan, kesehatan ternak sapi, standarisasi susu sehat, dan peningkatan kemampuan kewirausahaan. Selain itu, para peternak juga mendapat bantuan sarana pendukung untuk produktivitas kegiatan ternak sapi.

Misalnya, ember, karpet untuk sapi, dan kaleng susu untuk tiga koperasi yang membina para peternak. Perusahaan juga memberi pinjaman modal untuk program pendanaan usaha mikro dan kecil untuk meningkatkan kemandirian para mitra binaan.

Usaha mendongkrak produktivitas, dan populasi sapi perah diharap mampu memiliki daya saing tinggi. Dengan begitu, dapat membantu memenuhi kebutuhan susu dalam negeri yang meningkat selaras dengan pertambahan penduduk, dan tingkat kesadaran gizi masyarakat. (*)