EmitenNews.com—PT Sinarmas Sekuritas (DH) fokus menjaring investor ritel khususnya usia muda untuk menjadi nasabah aktif perusahaan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggandeng brand ambassador kenamaan yang tengah digandrungi generasi muda, seperti Kim Tae-hyung, alias V BTS.

 

Inisiatif ini hadir bersamaan dengan lonjakan apresiasi budaya pop Korea di kalangan generasi muda, yang dikomandoi oleh fenomena global BTS.

 

Studi iPrice 2021 mengungkapkan kolaborasi dengan boy band Korea Selatan sangat meningkatkan kesadaran merek di Asia Tenggara. Secara khusus, V adalah anggota 'bias' atau favorit di wilayah tersebut, menyumbang 26 persen dari pencarian Google di Asia Tenggara.

 

Berdasarkan kondisi tersebut, diharapkan partisipasi dari para penggemar BTS dapat ikut meramaikan pasar modal melalui aplikasi investasi saham dan reksa dana Sinarmas Sekuritas, SimInvest. Presiden Komisaris Sinarmas Sekuritas, Ferita Lie mengatakan, perusahaan mengincar rata-rata nilai transaksi dapat tumbuh 40 persen hingga paruh pertama 2023.

 

"Kita harapkan volume transaksi meningkat. Jadi enggak cuma download, tapi juga kita harapkan Maret-Juni jumlah transaksi dan active customer kita bisa bertambah. Target kita kalau bisa meningkat 30–40 persen, itu bagus sekali," kata dia kepada wartawan Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

 

Adapun secara keseluruhan tahun, perusahaan menargetkan total 1 juta unduhan (download). Di mana 50 persennya atau sekitar 500 ribu di antara pengunduh tersebut diharapkan menjadi investor aktif untuk jangka panjang.

 

"Secara general kita punya target 1 juta downloader. Tapi SimINvest bukan hanya mengincar angka download, melainkan juga kejar investor aktif yang sudah mengerti investasi. Jadi dari 1 juta downloader, kita targetkan 50 persennya atau sekitar 500 ribu jadi pengguna aktif. Itu sudah angka yang fantastis,” kata Ferita.