EmitenNews.com - Berkolaborasi dengan OttoDigital melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) salah satu langkah KB Bank dalam mendukung penuh pertumbuhan  usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dukungan itu makin menguat setelah KB Bank melakukan perubahan nama merek dan logo baru Perseroan secara resmi pada 3 Maret 2024. 

Bertekad untuk menjadi bank yang terdepan, terpercaya dan dicintai masyarakat Indonesia, KB Bank berkomitmen memberikan kontribusi lebih besar bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia. Salah satunya dengan mendukung penuh dan memperkuat UMKM melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat. 

Wujud nyata komitmen KB Bank adalah dengan menggandeng OttoDigital, grup usaha digital ekosistem Salim Group melalui lini bisnis PT Reksa Transaksi Sukses Makmur. Tujuannya, memudahkan penyaluran KUR kepada merchant terpilih atau mitra UMKM yang berada dibawah naungannya.

Kerja sama inovatif ini melibatkan ekosistem digital di bawah naungan OttoDigital yaitu OttoPay yang memiliki 1,9 Juta merchant atau unit usaha aktif sebagai penggunanya. Melalui kerja sama ini, unit usaha UMKM dapat mengajukan pinjaman KUR dan untuk mempermudah penyalurannya, KB Bank menyediakan 13 KUR Centre yang tersebar di sejumlah daerah di seluruh Indonesia.

Dalam keterangannya, Rabu (6/3/2024), Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong mengatakan, kemitraan yang terjalin antara KB Bank dan OttoDigital merupakan langkah strategis yang diambil untuk berkontribusi terhadap perkembangan UMKM dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

“Kami berharap dengan adanya fasilitas pembiayaan KUR melalui OttoDigital, merchant dapat memperluas usaha, peningkatan omset, dan menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu besar harapan kami penyaluran KUR ini mampu mendorong UMKM naik kelas dan menghasilkan produk unggulan baik di dalam negeri maupun internasional,” katanya.

Strategi memperkuat peran UMKM bagi perekonomian dan pemberdayaan masyarakat

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Grace Sunarjo menambahkan bahwa kolaborasi ini merupakan strategi untuk memperkuat peran UMKM bagi perekonomian dan pemberdayaan masyarakat. Melalui layanan pengembangan usaha KUR menjadi pelengkap solusi modal usaha melalui aplikasi OttoPay. 

Dengn kerja sama itu, mitra UMKM semakin dipermudah untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan usaha dengan plafon pembiayaan tinggi. Layanan ini, diyakini membantu perputaran modal sehingga memungkinkan memenuhi kebutuhan stok barang dagangan kapan saja serta menggunakan dana untuk pengembangan usaha dengan jangka waktu kredit yang lebih panjang. 

“Harapannya, kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan inklusi keuangan dan inovasi berkelanjutan bagi seluruh pelaku usaha UMKM di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Kerja sama ini ditandai dengan seremoni penandatanganan fasilitas kredit yang diadakan di kantor pusat Bank KB Bank pada Rabu (6/3/2024). Acara ini dihadiri oleh perwakilan KB Bank, di antaranya Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong, Direktur Bisnis UKM & Wholesale KB Bank Yohanes Suhardi, SME Division Head Handy Dharma, Retail Product Division Head Zico Hernawan, dan MSME Product Department Head Jhon H. Hutagalung. 

Perwakilan dari OttoDigital di antaranya Chief of Executive (CEO) OttoDigital Theodorus Wiryawan, Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay) Grace Sunarjo dan Manajemen OttoDigital.

Penting dicatat, kerja sama KB Bank dan OttoDigital tentunya tidak berhenti sampai KUR saja. Perseroan akan menjajaki skema kerja sama rantai pasok (value chain business) melalui product vendor financing dan distributor financing sebagai solusi finansial terintegrasi bagi merchant OttoDigital yang berskala menengah dan besar. 

“Melalui kerja sama ini besar harapan kami akan tercipta sinergi yang lebih besar, lebih inklusif, dan lebih terintegrasi antara KB Financial Group dan Salim Group,” katanya. ***