EmitenNews.com - Kolaborasi menjadi semangat Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dalam mengembangkan UMKM di Tanah Air. Salah satu kolaborasi yang tengah dilakukan, yaitu bersama Grup Astra, PT Pamapersada Nusantara (Pama).


Hari ini, Selasa (15/11/2022), sejalan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) Pama untuk mendukung Pendidikan di Indonesia melalui pengadaan alat sekolah berupa meja dan kursi. Pama berkolaborasi dengan YDBA dalam pengadaan produk yang melibatkan UMKM manufaktur binaan YDBA, yaitu Dewoz Art.


Sebelumnya pada Agustus lalu, Pama mempercayakan YDBA dalam pengadaan 20 set meja dan kursi yang didistribusikan ke SDN 4 Cileungsi, yang merupakan Sekolah Adiwiyata Pama di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kali ini, Pama mempercayakan kembali YDBA dengan memesan 40 set alat sekolah yang diproduksi langsung oleh UMKM binaan YDBA dan akan didistribusikan ke sekolah yang sama.


Penyerahan produk UMKM itu, langsung oleh Pemilik Dewoz Art, Bayu Agusworo kepada Dept. Head CSR Pama, Maidi Irvan disaksikan oleh Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala serta Dept. Head Security External Relations Pama, Gunawan Setiadi di Dewoz Art, Tarikolot Bogor.


Dalam momen penyerahan tersebut, Sigit P. Kumala berharap semangat Pama dalam mendukung pendidikan di Indonesia ini dapat terus berdampak positif kepada UMKM Indonesia melalui pengadaan produk UMKM. Sigit juga berharap apa yang dilakukan oleh Pama dapat pula dilakukan oleh perusahaan lain di Indonesia. Sigit menambahkan, semoga kesempatan yang diberikan Pama kepada UMKM, khususnya Dewoz Art dapat dimanfaatkan oleh UMKM sebaik mungkin dengan menghasilkan produk yang sesuai dengan standar QCD (quality, cost dan  delivery).


Sedangkan Maidi Irvan dalam penyerahan alat sekolah tersebut menyampaikan, bahwa produk yang dihasilkan UMKM binaan YDBA sesuai standar yang dibutuhkan oleh Pama. Maidi sangat mengapresiasi produk buatan UMKM tersebut. Maidi berharap, semoga ke depan Pama akan terus mendukung dan berkontribusi kepada UMKM melalui pengadaan produk yang dibutuhkan.


Dewoz Art merupakan UMKM binaan YDBA yang memulai usaha sejak tahun 2008. Awalnya usaha yang dipimpin oleh Bayu Agusworo ini fokus dalam pembuatan produk handicraft di industri kayu. Seiring berjalannya waktu dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan tren, saat ini Dewoz Art memfokuskan usahanya pada material kombinasi kayu dan besi. (Eko Hilman). ***