EmitenNews.com—Berikut ini kronologi kecelakaan yang dialami Achmad Hermanto Dardak, ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.


Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia pada Sabtu (20/8/2022).


Mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum ini meninggal dunia dalam kecelakaan di ruas Tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta pada Sabtu sekitar pukul 03.25 WIB.


Kecelakaan lalu lintas ganda pada KM 341+400 B ruas tol Pemalang-Batang melibatkan 2 kendaraan yaitu Minibus Kijang Innova bernomor polisi B 2739 UFZ yang dikemudikan oleh Tn. AS (30th) dan kendaraan Truk Hino Golongan III bermuatan tepung dengan nomor polisi K 1909 BH yang dikemudikan oleh Tn. S (31th).


Kronologi kejadian adalah kendaraan Minibus Kijang Innova melaju dari arah Semarang menuju Jakarta dengan kecepatan kurang lebih 100 KM/Jam di lajur 2 pada KM 341+400 B, dimana berdasarkan olah TKP oleh Pihak kepolisian pengemudi Minibus Kijang Innova diduga mengantuk sehingga pengemudi kehilangan konsentrasi dan menabrak bagian belakang Truk Hino yang sedang melaju di depannya. 


Ditemukan posisi terakhir kendaraan Minibus Kijang Innova menghadap ke arah Selatan di antara di lajur 1 dan lajur 2 normal di bahu jalan, dan arus lalu lintas dilaporkan landai lancar dengan cuaca cerah. 


Secara teknis kondisi jalan baik tidak ada kerusakan pada perkerasan beton, alinyemen menikung kanan dan mendatar, jarak pandang normal tanpa gangguan. PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR) langsung melakukan pengamanan TKP dan identifikasi. 


Selanjutnya, petugas ambulance melakukan pemeriksaan terhadap korban, serta dilakukan evakuasi pada kedua kendaraan oleh kendaraan derek yang dibawa ke Pool Gerbang Tol Pekalongan sebagai barang bukti. Diketahui jumlah korban 2 orang, di mana 1 orang terdapat luka ringan dan 1 korban meninggal dunia di TKP. Adapun korban dilakukan penanganan lanjutan ke RS ARO Pekalongan. 


Saat ini, kelanjutan perkara telah diserahkan kepada Polda Jateng. PT PBTR turut prihatin atas kejadian ini, kami menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu berhati-hati ketika berkendara, selalu perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan informasi keselamatan berkendara pada papan VMS, serta memperhatikan kondisi masing-masing pengendara agar berhenti Rest Area apabila mengantuk.