EmitenNews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden hingga Presiden China Xi Jinping akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 15-16 November 2022. Presiden Joko Widodo memastikan sudah 17 kepala negara atau kepala pemerintahan bakal hadir dalam KTT G20, Bali itu. Sedangkan Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden Ukraina Zelensky akan hadir jika kondisi memungkinkan.


Dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/11/2022), Presiden Jokowi mengatakan jumlah kehadiran para pemimpin negara di KTT G20 itu sudah baik, di tengah kondisi dunia yang dilanda ketidakpastian. Jokowi menegaskan kehadiran para kepala negara maupun kepala pemerintahan, merupakan suatu kehormatan. Jokowi berbicara tentang kondisi dunia yang tidak kondusif.


"Saya kira dalam posisi normal itu biasa yang hadir juga 17-18, ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit, semua negara sangat sulit. Kalau kehadirannya sampai sejumlah itu, saya kira juga sangat bagus, sangat bagus," ucap Jokowi.


Sementara itu, berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (8/11/2022), Presiden Jokowi sudah menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terkait kehadiran mereka di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Kedua pemimpin negara yang sedang berseteru itu, masih mempertimbangkan situasi dan kondisi di negara masing-masing.


"Beberapa hari lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky. Beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan," kata Jokowi.


Ditemani sejumlah menteri, hari ini, Jokowi meninjau kesiapan sejumlah fasilitas KTT G20 di Bali. Hasilnya, Jokowi menyatakan Indonesia siap menyelenggarakan KTT G20. "Sudah saya cek semuanya dan saya ingin menyatakan kita siap menerima tamu-tamu G20."


Turut mendampingi Jokowi dalam kegiatan tersebut, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Lainnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Bali I Wayan Koster. ***