EmitenNews.com - Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung tertahan di kisaran resistance 7.700-7.750. Itu terjadi dalam 2 pekan terakhir sampai perdagangan Senin, 9 September 2024. Oleh sebab itu, sepanjang perdagangan hari ini, Selasa, 10 September 2024, IHSG diperkirakan kembali fluktuatif di rentang 7.650-7.750.

Nah, dari eksternal, antisipasi potensi pemangkasan pemangkasan suku bunga acuan ECB sebesar 25 bps ke level 4 persen pekan ini mengubah sentimen pasar. Inflasi relatif persisten Euro Area tidak menghalangi ECB untuk memangkas suku bunga acuan guna mendorong pemulihan aktivitas ekonomi di Kawasan tersebut. 

Masih mengenai kebijakan moneter, pasar akan melanjutkan fokus ke FOMC pada 17 dan 18 September 2024, dan rapat dewan gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) beberapa hari setelahnya. The Fed diyakini memangkas suku bunga acuan, sementara BI diyakini menyampaikan dovish tone. 

Dengan demikian, nilai tukar rupiah diperkirakan bertahan di bawah Rp15.500 per dolar Amerika Serikat (USD) pekan ini. Berdasar data tersebut, Phintraco Sekuritas menyarankan investor untuk mengoleksi saham ADRO, INKP, TKIM, PANI, dan BSDE. (*)