EmitenNews.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan, desain menjadi salah satu kunci penting dalam peningkatan nilai tambah dan daya saing produk di era persaingan perdagangan global.


Untuk memenangkan persaingan global, diperlukan kreativitas dan inovasi yang ditunjang dengan desain yang sesuai tren dan selera di pasar tujuan. Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan dalam acara penganugerahan penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2022 yang digelar di Jakarta, pada Kamis (8/12).


Hadir pada acara ini, Ketua Dewan Juri GDI 2022 Pradipto Sugondo, perwakilan Japan External Trade Organization (JETRO), serta perwakilan asosiasi desain. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yakni Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi.


"Desain menjadi salah satu pemegang kunci penting dalam peningkatan nilai tambah dan daya saing produk. Desain tidak hanya berfungsi menambah estetika produk, tetapi juga dapat menjadi solusi atas kebutuhan konsumen," katanya.


Selain itu, untuk menghadapi persaingan di pasar global yang semakin kompetitif menurutnya diperlukan kreativitas dan inovasi yang ditunjang dengan desain yang sesuai tren dan selera di pasar tujuan.


Pada acara ini Mendag menyerahkan penghargaan kepada 50 pemenang penghargaan GDI 2022. Pemenang terbagi dalam tiga kategori yakni GDI of The Year, GDI Best Design, dan GDI Good Design. GDI of The Year diberikan kepada 1 produk, predikat Best Design diberikan kepada 10 produk, dan predikat GDI Good Desain diberikan kepada 40 produk.


Pemenang GDI of The Year diberikan kepada Bata Interlock Reka Brock. Produk ini merupakan produk batu bata dengan teknologi saling mengunci (interlocking). Teknologi batu bata ini dapat menghemat waktu dan biaya pembangunan rumah sebab mengeliminasi bahan perekat dan tenaga ahli.

Masyarakat umum dapat melihat langsung 50 produk peraih GDI pada 6.9 Desember 2022 di Indonesia Design Development Center (IDDC) yang beralamat di Jl. Letjen S. Parman KAV 112, Jakarta Barat.


Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi seluruh pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaran GDI 2022. Apresiasi khususnya disampaikan kepada Japan Institut of Design Promotion (JDP),JETRO, Dewan Pengarah, serta Tim Juri GDI 2022.


"Saya mengapresiasi dedikasi, kolaborasi, dan kerja samanya dalam GDI 2022. Ke depan, pada GDI 2023 saya berharap kita kembali dapat memperkuat sinergi untuk penguatan ekspor Indonesia pascapandemi,"ujar Mendag.(fj)