EmitenNews.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap penanganan gempa bermagnitudo 7,8 yang mengguncang negara itu pada Senin (6/2/2023). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Erdogan sudah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo dan menyampaikan hal itu.

 

"Bapak Presiden Joko Widodo sudah berbicara telepon dengan Presiden Erdogan dan dalam pembicaraan tersebut, Presiden Erdogan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh rakyat Indonesia dan juga Pemerintah Indonesia," kata Retno Marsudi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/2/2023).

 

Menlu Retno mengatakan bantuan dari Indonesia merupakan yang pertama diberikan dari negara kawasan ASEAN untuk penanganan gempa Turki dan Suriah. "Saya mendapatkan update dari waktu ke waktu dari duta besar kita." 

 

Di lapangan, tim dari Indonesia juga turut menolong beberapa warga dari negara-negara ASEAN yang terdampak gempa di Turki. Selain itu, kata Retno, Pemerintah Indonesia sudah mengoperasikan rumah sakit lapangan untuk membantu korban gempa. ***