EmitenNews.com - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel) meluncurkan gerakan olahraga sambil berdonasi bernama Mitratel MOVES “Bikin Bergerak, Hidup Lebih Berarti”. Peluncuran dilaksanakan di Gelora Bung Karno Jakarta, dipimpin oleh Theodorus Ardi Hartoko (Teddy), Direktur Utama Mitratel dan dihadiri seluruh karyawan Mitratel yang ada di Jakarta serta perwakilan dari seluruh Kantor Area.

Gerakan ini dirancang untuk mengajak seluruh karyawan Mitratel, agar lebih aktif dalam berolahraga. Lebih dari sekedar promosi gaya hidup sehat, Perusahaan akan menganggarkan donasi sebesar 1 (satu) rupiah untuk setiap 1 (satu) langkah karyawan yang tercatat dalam MOVES. Donasi hasil konversi langkah ke rupiah tersebut akan disalurkan untuk mendukung program di bidang pelestarian lingkungan, pengembangan pendidikan, dan peningkatan kesehatan.

MOVES lahir sebagai bentuk solusi dan kampanye hidup sehat dari manajemen Mitratel terhadap fakta bahwa Indonesia menjadi negara dengan rata-rata jumlah masyarakat yang berjalan kaki terendah di dunia menurut riset yang dilakukan oleh para peneliti di Standford University dalam jurnal Sains Nature.

“Gerakan yang mengambil tema MOVES ‘Bikin Bergerak, Hidup Lebih Berarti’ ini bukan hanya memotivasi karyawan untuk berolahraga, namun juga melibatkan pekerja dalam berdonasi. Karyawan kita bukan hanya hidup sehat dan kuat tapi juga bahagia dunia akhirat,” ungkap Teddy

Teddy menambahkan, selain social impact dalam bentuk donasi, MOVES ini juga berdampak terhadap pengurangan emisi karbon karena gerakan ini juga memotivasi karyawan berangkat dan pulang kantor menggunakan public transport sambil berjalan menuju halte atau stasiun kereta.

Di sisi perusahaan diharapkan adanya peningkatan produktivitas. Selain itu dengan rajin berolah raga tentu karyawan lebih sehat dan bugar sehingga anggaran kesehatan dapat digunakan secara lebih optimal dan terkontrol. Mitratel menjadi tempat kerja yang menyenangkan karena memberi ruang bagi para pekerjanya untuk menjalankan prinsip worklife balance dengan kepedulian sosial yang tinggi.

Dalam kesempatan yang sama, Chef sekaligus pegiat hidup sehat Martin Praja menekankan pentingnya untuk tetap aktif dan berbagi tips bagi orang yang baru mau memulai untuk hidup  membantu menjaga berat badan, meningkatkan kekuatan otot, dan menjaga kesehatan jantung. Agar terpacu dan bisa konsisten tetap aktif, tentukan target langkah harian, misalnya 10.000 langkah sehari. Nah, diluncurkannya aplikasi MOVES ini tentunya kabar baik sekali, karena akan jauh mempermudah teman-teman untuk memantau target harian. Apalagi ada komitmen dari Mitratel untuk mendonasikan dana yang terkumpul dari setiap langkah, pasti ini membuat semakin semangat ya!” pungkas Martin.

Sebelum diluncurkan secara resmi, gerakan ini sudah diuji coba sejak bulan Agustus 2024. Karyawan sangat antusias karena memiliki rasa keterkaitan dan kebanggaan yang tinggi. Prinsipnya, semakin sering olahraga, maka semakin besar pula nilai donasinya.

“MOVES adalah aplikasi yang dikembangkan untuk monitoring pencapaian jumlah langkah kaki yang dapat diakses seluruh karyawan. Terdapat berbagai informasi di dalamnya diantaranya pencpaian individu, unit serta fitur klasemen. Semua orang dan unit akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Inilah yang kami sebut berlomba lomba dalam kebajikan dengan bonus kesehatan,” kata Teddy.