EmitenNews.com -PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) sambut hangat kehadiran pendatang baru di dunia otomotif Indonesia, Build Your Dream atau BYD yang resmi dipasarkan di Indonesia pada tanggal 18 Januari 2024 lalu. 

Perusahaan kendaraan listrik asal China tersebut telah meluncurkan 3 mobil listrik yaitu, BYD Seal, BYD Atto3 dan BYD Dolphin. Unit BYD masuk ke Indonesia melalui terminal IPCC sebanyak 158 unit.

“Kami turut bangga atas keterlibatan kami dalam menyukseskan rantai ekspor kendaraan listrik di Indonesia. Kami secara konsisten mendukung terobosan pemerintah Indonesia dalam mendatangkan produk otomotif baru dari luar negeri untuk dipasarkan di dalam negeri  terutama kendaraan berbasis tenaga listrik yang mana pemerintah Indonesia secara resmi mendukung untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri”. Ujar Sugeng Mulyadi, selaku Direktur Utama IPCC.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. 

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada peluncuran perdana BYD di Indonesia. Melalui tayangan video, beliau menyebutkan bahwa untuk investasi BYD di Indonesia adalah sebesar USD1,3 miliar atau setara dengan Rp 20 triliunan.

Harga mobil listrik BYD di Indonesia diperkirakan mulai dari Rp 450-an juta. Dengan harga terbilang murah untuk kendaraan berbasis baterai, mobil listrik BYD klaim memiliki keunggulan baterai yang tahan lama dibandingkan kompetitor.BYD masuk Indonesia dengan membawa tiga produk yakni mobil listrik BYD Seal, mobil listrik BYD Atto 3 dan mobil listrik BYD Dolphin. “Kehadiran BYD Dolphin, BYD Atto3, dan BYD Seal di Indonesia akan membuka pintu BYD sebagai bagian dari industri kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” ucap President Director PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao, Kamis (18/1/2024).

Ketiga produk mobil listrik BYD ini menggunakan Blade Battery, yang diklaim memiliki beragam keunggulan, berkualitas tinggi, serta paling aman yang saat ini ada pada mobil listrik dunia. Nathan Sun, Direktur Operasional PT BYD Motor Indonesia mengklaim, Blade Battery yang disematkan pada tiga mobil listrik BYD memiliki masa hidup yang panjang bisa dipakai hingga 1,2 juta kilometer.

“Secara teknologi, Blade Battery punya masa hidup yang panjang, bisa menempuh jarak 1,2 juta kilometer, jadi konsumen tidak usah khawatir,” kata Nathan di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Nathan, baterai mobil listrik merupakan hal yang paling penting. Maka dari itu perseroan harus benar-benar memikirkan terkait keamanan, ketahanan, serta masa pakainya. Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing. Lihat Foto Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing. “Keamanan adalah hal yang utama bagi kami. Dari Blade Battery. Kami berkomitmen memberikan usia baterai yang panjang untuk kendaraan listrik,” ucap Nathan.