EmitenNews.com - PT Sariguna Primatirta (CLEO) tahun ini mematok pertumbuhan penjualan sekitar 30 persen dari capaian 2021. Emiten Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) itu, optimistis bisa melampau proyeksi tersebut. Itu didasari penjualan bersih kuartal III-2021 senilai Rp802,94 miliar atau naik 11,55 persen dari periode sama 2020. 


Sariguna Primatirta menyebut target itu, cukup realistis menilik prospek pertumbuhan industri sangat positif, daya beli masyarakat melesat, masyarakat peduli kesehatan, dan permintaan produk  berkualitas meningkat. Masyarakat memperhatikan makanan dan minuman sebagai konsumsi sehari-hari. 


Kondisi itu, klaim Sariguna Primatirta berpengaruh  terhadap tingkat konsumsi air minum dalam kemasan meningkat. Kontribusi pendapatan  terbesar perseroan dari penjualan produk segmen non-botol. Pada kuartal III-2021, perseroan sukses membukukan laba bersih Rp136,60 miliar atau meningkat 44,88 persen.


Nah, untuk mencapai target pertumbuhan penjualan itu, belum lama ini Sariguna Primatirta membangun tiga pabrik pengolahan AMDK, dan menambah 88 cabang distribusi dengan 383 mitra seluruh Indonesia. ”Itu semua untuk meningkatkan market share sehingga dapat memenuhi  permintaan, dan kebutuhan air minum kemasan sangat tinggi di masyarakat,” tutur Wakil Direktur Utama Sariguna Primatirta Melisa Patricia, Sabtu,(12/2).


Melalui langkah itu, Sariguna Primatirta bisa terus mengembangkan produk-produk  berkualitas, dan ramah lingkungan, memastikan keamanan kemurnian air, termasuk pada penggunaan material semua kemasan, khususnya produk galon isi ulang sudah memenuhi standar kesehatan.


Produk galon isi ulang dibuat dari biji plastik murni (bebas bahan daur ulang) tanpa BPA (Bisphenol A). Sangat aman bagi kesehatan untuk konsumsi sehari-hari. Itu dibuktikan  dengan label BPA FREE pada setiap kemasan produk galon isi ulang Sariguna Primatirta.


Selain memastikan kualitas air tidak terkontaminasi, pendistribusian produk menggunakan armada dengan wadah tertutup. Pada kemasan galon juga dilapisi plastik eksternal untuk memberi perlindungan ganda, sehingga produk benar-benar steril, dan aman hingga ke tangan konsumen.


Sariguna Primatirta fokus pemenuhan AMDK khususnya pada produk galon yang cenderung meningkat kala pandemi Covid-19. Lonjakan terjadi karena perseroan fokus meningkatkan kapasitas untuk memenuhi kebutuhan air minum kemasan berkualitas. ”Kami berkomitmen keamanan kemasan bebas dari BPA,” tegas Melisa. (*)