EmitenNews.com - Dunia kehilangan legenda sepak bola, Pele. Kabar meninggalnya pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu, juga dikonfirmasi melalui berbagai akun media sosial yang dikelola agennya. Pesepakbola asal Brasil itu, meninggal dunia di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Jumat (30/12/2022) dini hari WIB. Pele yang meninggal dalam usia 82 tahun, setelah mengidap kanker usus sejak 2016, mewariskan sedikitnya harta kekayaan senilai Rp1,5 triliun.


Pele memang masuk 10 besar pesepakbola terkaya versi The Richest. Tidak usah heran. Melalui beragam prestasinya, setelah malang melintang baik di timnas dan level klub, pria kelahiran 23 Oktober 1940 itu, berhasil mengumpulkan pundi-pundi cuan. Celebrity Net Worth mengabarkan, Pele memiliki harta kekayaan bersih mencapai USD100 juta, itu berarti sekitar Rp1,5 triliun.


Karena itulah, Pele menduduki posisi 10 besar sebagai pesepakbola terkaya. Dia berada di bawah legenda AS Roma, Francesco Totti yang mencapai kekayaan bersih USD101 juta. Yang memuncaki profil pesepakbola, atau mantan pesepakbola terkaya itu, bukan Cristiano Ronaldo yang laris juga sebagai bintang iklan, dan segera pindah ke klub bola Arab Saudi dengan gaji fantastis.


Berturut-turut nomor satu, David Beckham USD670 juta, baru Cristiano Ronaldo USD500 juta, Lionel Messi USD400 juta, Dave Whelan USD210 juta, Neymar Da Silva Santos Junior USD185 Juta.


Berikutnya, Wayne Rooney USD160 juta, Alexandre Pato USD145 juta, Francesco Totti USD101,6 juta. Kemudian Jose Mourinho, dan Pele, yang masing-masing memiliki harta kekayaan USD100 juta.


Dalam karier profesionalnya, Pele pernah melakukan sesi wawancara seputar besaran gaji seorang pemain. Ia menyebutkan, wajar saja bagi seorang pemain sepak bola mendapatkan bayaran tinggi.


"Ya, karena sepak bola bukanlah profesi normal di mana Anda bisa bekerja sampai usia 80 tahun. Pemain bagus, bahkan yang terbaik di dunia, hanya bisa bermain sampai 34, 35, maksimal 40. Tapi kemudian mereka harus hidup," terang mantan pemain Santos itu, seperti ditulis dari laman Cheat Sheet.


Masalahnya menurut Pele, bagaimana uang itu dibelanjakan. Sekarang, dengan TV dan sponsor, beberapa tim dan pemain menghasilkan banyak; yang lain tidak ada.


Catatan yang ada menyebutkan, Pele punya catatan 97 caps untuk Timnas Brasil. Sebanyak 77 gol ia lesakkan untuk Selecao. Menjadi andalan timnas Brasil, Pela menjadi satu-satunya pemain yang bisa memenangkan tiga gelar juara Piala Dunia: pada 1958, 1962, dan 1970.


Untuk level klub, Pele membela Santos dan New York Cosmos. Ia bisa membuat 757 gol, meski Santos mengklaim sang legenda sudah mencetak lebih dari 1000 gol.


Legenda sepak bola Brasil ini, akhirnya meninggal dunia. Pele menghembuskan nafas terakhirnya di usia 82 tahun, setelah menderita kanker usus sejak 2016. ***