EmitenNews.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo akan menggelar acara Sail to Indonesia Goes to Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) dan Port Jazz Festival 2024 pada 2-4 Oktober di Pelabuhan Benoa, Bali. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata maritim Indonesia ke dunia internasional, dengan menghadirkan lebih dari 50 yacht dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Kanada.

Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), Joko Noerhudha, menyebutkan bahwa pembangunan BMTH hampir rampung. Para peserta Sail to Indonesia akan menjajal 19 destinasi yang telah dipersiapkan, termasuk Medana Bay Marina di Bali. 

"Destinasi bukan hanya di Benoa, tetapi juga 19 titik lain yang siap menyambut peserta," ujar Joko dalam keterangannya di Jakarta, Senin (23/9/2024).

BMTH di bawah regional tiga Pelindo berperan sebagai pemilik aset, sedangkan SPSL bertanggung jawab atas bisnisnya, sebuah skema yang diterapkan setelah merger pada 2021. Joko menjelaskan, "Kami membangun Marina dengan standar internasional dan akan mengembangkan fasilitas untuk 190 yacht, termasuk klub khusus yacht, yang siap beroperasi dalam setahun ke depan."

Acara tiga hari ini akan diawali dengan gala dinner yang menampilkan tarian Bali dan fire dancer dengan 20 penari berbusana adat Bali. Hari kedua dikhususkan untuk masyarakat Bali, dengan penampilan musisi lokal, seperti Dialog Dini Hari. Pada hari ketiga, Port Jazz Festival akan menghadirkan musisi ternama, termasuk Kunto Aji, Chandra Darusman, Sore, dan Padi Reborn.

SPSL juga mengundang Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno untuk hadir, meski kehadiran mereka masih menunggu konfirmasi.

Ketua panitia Sail to Indonesia Goes to BMTH, Kiki Mohammad Hikmat, mengungkapkan bahwa ini akan menjadi pertama kalinya 50 yacht bersandar di Pelabuhan Benoa. 

"Ini kesempatan emas untuk mempromosikan destinasi pariwisata unggulan Indonesia, terutama pesisir dan kepulauan yang kaya budaya dan keindahan alam," ujar Kiki dalam pernyataannya.

Sebagai informasi, BMTH adalah bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dirancang untuk meningkatkan ekonomi Bali melalui pariwisata maritim. PT Pelindo berperan aktif dalam pengembangan dan pengelolaan proyek ini.