Sejak saat itu, aktivitas utama perusahaan adalah berinvestasi di beberapa perusahaan yang bergerak dalam perdagangan dan di perusahaan industri aluminium.

 

Dari pemegang sahamnya, PT Gesit Perkasa merupakan pengendali saham ALKA. Per 31 Mei 2023, PT Gesit Perkasa memiliki saham ALKA sebanyak 391.478.055 lembar atau sekitar 77%.

 

Selain PT Gesit Perkasa, PT Gesit Alumas juga memiliki saham ALKA sebanyak 81.427.500 lembar atau sekitar 16%. Namun, PT Gesit Alumas bukan pengendali saham ALKA.

 

Sedangkan penerima manfaat akhir (ultimate beneficial owner) dari saham ALKA adalah Keluarga Soetoyo, dalam hal ini Jacob Soetoyo.

 

Jacob Soetoyo juga merupakan bagian dari '9 Naga'. Bagi pengamat perekonomian dunia, khususnya Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kata '9 Naga'. Namun, tidak sedikit juga yang belum mengenal istilah tersebut dan siapa saja yang termasuk di dalamnya.

 

Istilah yang satu ini merujuk pada para tokoh pengusaha yang memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia. Sesuai dengan namanya, para tokoh tersebut berjumlah sembilan orang yang merupakan keturunan Tionghoa.

 

Jacob Soetoyo merupakan presiden komisaris, presiden direktur, komisaris di sejumlah perusahaan di bawah bendera Gesit Group.

 

Jacob Soetoyo juga tergabung dalam JS Brother Fund Foundation. Merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dengan beranggotakan Jahja Soetoyo, Meiriana Soetoyo, dan Meiriani Soetoyo.