EmitenNews.com - Pemilu 2024 bakal diramaikan sejumlah menteri dan kepala lembaga yang kini memperkuat Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo-Wapreas Ma’ruf Amin. Mereka dikabarkan akan berlaga menjadi calon anggota legislatif (Caleg) tingkat DPR RI dalam pemilihan umum legislatif mendatang.

 

Salah satunya, Menteri Perdagangan yang juga    Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menjadi caleg dari PAN dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi memastikan Zulhas bakal mencalonkan diri dari daerah pemilihan Jawa Tengah I.

 

Pada pemilu sebelumnya, Zulhas rutin maju Caleg di Dapil Lampung I, meliputi Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat. Zulhas kini berpindah Dapil untuk merengkuh suara PAN di Jawa Tengah yang turun pada Pemilu 2019.

 

Lainnya, menteri-menteri dari PKB, seperti Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar juga telah didaftarkan maju sebagai caleg. Menurut Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Ida Fauziyah didapuk menjadi caleg di Dapil Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri.

 

Sementara Abdul Halim Iskandar, kakak kandung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, di Dapil Jatim, namun persisnya di mana sedang dikaji lebih dalam.

 

Ada juga Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani juga dikabarkan akan maju sebagai caleg dari Partai Hanura. Wakil Ketua Dewan Penasihat Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir mengatakan Benny akan maju dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat II, yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

 

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Ferry Noor maju sebagai caleg DPR dari Dapil Jawa Barat V atau Kabupaten Bogor di Pemilu 2024. Pada tahun 2019, Ferry sempat maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPR daerah pemilihan (Dapil) I Sumatera Selatan yang meliputi Palembang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Lubuk Linggau, dan Banyuasin.

 

Selain itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjoakan maju kembali lewat Partai Perindo, yang dipimpin sang ayah, Hary Tanoesoedibjo. Sekjen Perindo Ahmad Rofiq mengatakan Angela akan maju lagi dari Dapil Jatim I meliputi Surabaya dan Sidoarjo seperti Pemilu 2019.

 

Dari PDI Perjuangan, seperti diungkap Sekjen PDIP Hasto Kristianto, juga mendaftarkan para calon anggota legislatif, di antaranya ada menteri kabinet saat ini. Persisnya siapa belum disebut gamblang. Tetapi, saat ini partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu, menempatkan beberapa kadernya sebagai menteri di kabinet Jokowi.