Cakupan likuiditas dan rasio pendanaan bersih yang stabil masing-masing sebesar 248% dan 141%, jauh lebih tinggi dari persyaratan peraturan minimum 85%. Kami telah mempertahankan skor pendanaan dan likuiditas di 'bb' dengan prospek yang stabil dan mengharapkan ketergantungan bank yang lebih besar pada pendanaan deposito berbiaya lebih tinggi daripada rekan-rekan (9M21: 56% dari total deposito, industri: 41%) untuk terus berlanjut di menengah jangka waktu karena persaingan simpanan yang kuat dari bank-bank besar.

 

Panin adalah bank skala menengah yang dikendalikan keluarga yang memberikan pinjaman kepada peminjam korporasi (sekitar 43% dari total pinjaman), komersial (terutama UKM, 32%), ritel (19%) dan syariah (6%). Australia and New Zealand Banking Group Limited (A+/Stabil/a+) memegang 38,82% saham Panin, tetapi memiliki peran pasif di bank. Skor profil bisnis Panin di 'bb' sejalan dengan skor kategori tersiratnya.

 

GSR Panin mencerminkan pandangan kami tentang kemungkinan moderat dari dukungan pemerintah yang luar biasa tersedia, jika diperlukan. Kami percaya Panin memiliki kepentingan sistemik bagi Indonesia, karena merupakan bank terbesar kesembilan di negara itu, dengan pangsa sekitar 2,1% dari aset industri. Pandangan kami tentang dukungan juga mempertimbangkan profil pendanaan yang didominasi simpanan nasabah Panin dan kepemilikan mayoritas oleh pemegang saham domestik.