EmitenNews.com - Perkuat teknologi dan infrastruktur data, Cosmart, mengumumkan pendanaan awal sebesar USD5 juta dari tiga investor. Platform berbasis keanggotaan e-commerce pertama di Indonesia untuk kebutuhan bulanan itu, memperoleh pendanaan dari Lightspeed, East Ventures, dan Vertex Ventures SEA & India. Dana sebanyak itu, akan digunakan untuk memperkuat teknologi dan infrastruktur data.


“Pendanaan dari Lightspeed, East Ventures, dan Vertex Ventures SEA & India itu, akan digunakan untuk memperkuat teknologi dan infrastruktur data. Hal ini sekaligus membangun kerja sama strategis dengan produsen dan para pemain kunci dalam ekosistem rantai pasokan," ujar Co-Founder Cosmart Alvin Kumarga dalam keterangan di Jakarta, Senin (3/10/2022).


Alvin menyampaikan, visi Cosmart adalah menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan harga murah untuk kebutuhan rutin pengguna, sehingga konsumen dapat menghemat waktu, uang, dan anti ribet.


Dengan transparansi harga, kualitas tinggi, dan manfaat keanggotaan lainnya, Cosmart menghadirkan pengalaman belanja yang cerdas dan dijamin menguntungkan anggotanya.


Sejak awal berdiri pada kuartal II tahun 2022, Cosmart telah menjual lebih dari 100.000 produk. Startup e-commerce berlangganan itu juga mampu meraih pertumbuhan bisnis enam kali lipat dalam tiga bulan terakhir, dengan volume belanja bulanan pengguna tercatat empat kali lebih tinggi dibandingkan aktivitas belanja di platform lain.


Menariknya, Cosmart didirikan oleh profesional berpengalaman di bidang teknologi yakni Alvin Kumarga dan Robert Tan, yang memiliki pengalaman luas dalam mendirikan dan mengembangkan perusahaan. Meski baru berdiri, Cosmart telah bermitra dengan lebih dari 80 produsen, 500 merek, dan memiliki ribuan jenis produk (SKU) pada 10 kategori.


Pachara (Pinn) Lawjindakul, partner di Lightspeed mengatakan senang dengan pendekatan inovatif Cosmart terhadap lanskap belanja daring yang padat pemain karena konsumen selalu mencari penawaran terbaik dan harga terendah untuk kebutuhan rutin rumah tangga bulanan.


Sementara itu, Willson Cuaca selaku Co-Founder dan Managing Partner East Ventures mengatakan, mengelola barang-barang kebutuhan bulanan bisa sangat melelahkan. "Cosmart hadir sebagai solusi tepat untuk membantu para pengguna untuk menghemat lebih banyak waktu dan uang." ***