EmitenNews.com - Karang Taruna DKI Jakarta menyatakan terus berkomitmen untuk ikut menyukseskan pengembangan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) di wilayah DKI Jakarta. Komitmen tersebut diungkapkan oleh Ketua Karang Taruna DKI Jakarta Muhammad Mul pada acara program Bulan Bakti dalam rangka HUT ke-64 Karang Taruna, di Jakarta.

"Kami bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Pluit agar seluruh anggota karang taruna DKI Jakarta bisa memanfaatkan program pemerintah ini untuk jaminan sosial," kata Muhammad Mul. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Premi Lasari, Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit Tetty Widayantie, serta perwakilan komunitas pemuda. Nah, dari kerja sama itu, pihaknya mengoptimalkan perlindungan sosial bagi seluruh anggota Karang Taruna DKI Jakarta dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

Tidak berhenti di situ, anggota karang taruna terlibat dalam perluasan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan menjadi agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai). "Ini langkah konkret dalam memberikan perhatian khusus kepada teman-teman yang secara sukarela bergerak di bidang sosial," imbuh Muhammad Mul. 

Menurut Mul, program Bulan Bakti ini juga merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian Karang Taruna terhadap kesejahteraan para anggotanya yang telah berkontribusi bagi masyarakat. Melalui kerja sama ini, diharapkan anggota karang taruna dapat terlindungi dan mendapatkan hak-haknya sebagai pekerja sosial.

Muhammad Mul juga menegaskan bahwa dalam era modern ini, kolaborasi dan kebersamaan adalah kunci untuk menciptakan dampak yang signifikan. "Kita tidak bisa bergerak sendirian. Kolaborasi adalah kunci untuk membawa perubahan yang berdampak".

"Tagline Bulan Bakti ini adalah 'Bergerak Berdampak Menuju Jakarta Global', yang mencerminkan semangat kerja sama menuju Jakarta yang lebih maju dan mendunia," kata Mul. Menurutnya rangkaian acara Bulan Bakti ini, Karang Taruna DKI Jakarta ingin menunjukkan bukan sekadar menjadi wadah pengembangan pemuda. ”Tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang berperan penting dalam pembangunan masyarakat,” cetus Mul. 

Sementara itu Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit Tetty Widayantie, mengatakan perluasan perlindungan program Jamsostek perlu bantuan banyak pihak. Salah satunya adalah karang taruna. ”Untuk kami mendorong agar anggota karang taruna aktif berperan sebagai agen Perisai sebagai perpanjangan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Tetty. 

Tugas agen Perisai adalah mulai menyosialisasikan manfaat program Jamsostek, mendaftarkan peserta, menertibkan pembayaran iuran peserta, hingga membantu peserta untuk mengakses layanan klaim. ”Diharapkan anggota karang taruna dapat menjangkau para pekerja informal di sekitar lingkungan seperti pekerja UMKM, pedagang, dan sebagainya untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Tetty. (*)