EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu (25/9) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Delonix Nusantara, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (25/09/2024). Jokowi menyebut investasi perusahaan properti asal Cina ini menunjukkan kepercayaan investor asing untuk menanamkan modal di IKN.


“Tadi pagi telah kita lakukan peletakan batu pertama investasi untuk pendidikan dari Australia, kemudian yang kedua juga baru saja kita lakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan properti dari Rusia investornya, dan kemudian pada kesempatan yang baik ini akan dilakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) investasi juga untuk properti mixed use dari Delonix Nusantara untuk investor yang berasal dari Cina,” ujar Presiden.


Presiden Jokowi menyebutkan, investasi yang berdatangan dari mancanegara tersebut merupakan bukti kepercayaan dan rasa confident dari para investor terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai lokasi yang menarik untuk berinvestasi. Ia menjelaskan, Delonix Group akan membangun Kawasan mixed use dengan nilai investasi sekitar Rp500 miliar.


“Mixed use ini akan dibangun di atas lahan seluas 24 ribu meter persegi yang akan dikembangkan menjadi model J hotel, service apartment, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan juga pusat olahraga dan kebugaran di kawasan Ibu Kota Nusantara ini,” tambahnya.


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kehadiran investasi Delonix Group di Ibu Kota Nusantara akan memberikan dampak kepercayaan kepada investor-investor lain untuk segera masuk menanamkan modalnya ke Ibu Kota Nusantara. Presiden pun mengajak para investor untuk memulai investasinya pada tahun ini karena harga tanah di IKN dapat berubah secara drastis sewaktu-waktu.


“Hati-hati harga tanah memang sekarang masih murah, harga tanahnya masih murah pada tahun ini, tetapi tahun depan kita tidak tahu. Harga tanah bisa lipat dua kali, bisa lipat tiga kali, bisa lipat lima kali, bisa lipat sepuluh kali. Jadi perlu saya ingatkan kalau ingin berinvestasi tahun ini,” ungkap Presiden.


Presiden meyakini bahwa Delonix Nusantara akan berkembang pesat seiring perkembangan pembangunan di Ibu Kota Nusantara yang semakin maju.


“Delonix Nusantara akan berkembang pesat di IKN dan menjadi bagian dari kemajuan IKN sebagai ibu kota masa depan Indonesia,” tandas Presiden.


Hadir mendampingi Presiden antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani, Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Raja Juli Antoni, Founder dan Chairman Delonix Group Mr. Alex Zheng, dan President Delonix Group Indonesia Mr. Bill Lin.(*)