EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo menginginkan agar pembangunan tol yang menghubungkan Kota Padang dengan Pekanbaru cepat selesai. Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengatakan itulah sedang ditindaklanjuti secara bersama.

 

"Presiden ingin kita segerakan penyelesaian dan jangan sekedar berteori," kata Gubernur Mahyeldi Ansharullah, Jumat (6/1/2023), menanggapi video Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Bangkinang di Padang.

 

Gubernur Sumbar mengatakan pihaknya telah melakukan langkah cepat dalam pembangunan tol tersebut. Di Sicincin kan sudah mulai pengerjaan. Yang jadi persoalan sekarang, kata dia, di Kabupaten Limapuluh Kota ada satu persil dari tiga persil yang tersisa, belum selesai.

 

Mahyeldi Ansharullah telah meminta Bupati Limapuluh Kota untuk melakukan penuntasan pembebasan lahan sehingga proyek pembangunan nasional ini dapat berjalan. "Kami semua di provinsi dan kota kabupaten sepakat untuk melanjutkan pembangunan ini."

 

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Provinsi Riau, Rabu (4/1/2023), Presiden

Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Riau, yang dibangun sepanjang 30,9 kilometer. Atas peresmian jalan tol, ruas dari Jalan Tol Pekanbaru-Padang di Kabupaten Kampar itu, Presiden berharap dapat menumbuhkan daya saing produk Riau. Proyek yang menelan investasi Rp4,8 triliun diharapkan dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru.

 

"Saya harapkan dengan jalan tol yang ada ini kecepatan mobilitas orang, barang, dan jasa, semakin baik sehingga menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau," kata Presiden Jokowi dalam prosesi peresmian yang disiarkan langsung kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

 

Presiden Jokowi juga berharap Tol Pekanbaru-Bangkinang yang menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru. "Dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat."

 

Tol Pekanbaru-Dumai yang sudah lebih dulu diresmikan dan beroperasi memiliki volume lalu lintas tinggi di atas 8.000 kendaraan per hari. Karena itu, diharapkan Tol Pekanbaru-Bangkinang juga dapat menuai antusiasme sama tingginya dari masyarakat sekitar.