EmitenNews.com - 

PT Pupuk Indonesia (Persero) berambisi menjadikan Indonesia sebagai hub pasar ammonia dunia. Untuk mewujudkan itu mereka akan berusaha serius mengembangkan ammonia hijau di tanah air.


Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal mengungkapkan ada beberapa hal yang harus dilakukan guna menjadikan Indonesia sebagai hub pasar ammonia dunia. "Yang pertama dan yang paling penting adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM)," katanya dalam acara Pupuk Indonesia Clean Ammonia Forum (PICAF) di Jakarta, Minggu (2/4).


Untuk mencapai target yang optimal menurutnya perusahaan perlu memiliki SDM yang andal. Untuk itu, penguatan SDM perlu diselaraskan dengan pengembangan sisi infrastruktur, pasar, dan komersilnya.


Gusrizal juga berharap, adanya dukungan dari pemerintah dengan memberi insentif.mengingat pengembangan ammonia bersih atau clean amonia juga merupakan bukti nyata untuk mendukung program transisi energi dari pemerintah untuk menuju Net Zero Emission di 2060.


"Kita harus mendapatkan dukungan dari pemerintah, kita sudah berbicara tentang insentif subsidi karena ini adalah produk baru jadi kami membutuhkan dukungan dari pemerintah. Tapi ini adalah kunci dari kesuksesan ini," ujar Gusrizal.(*)