EmitenNews.com - PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) berencana untuk memperluas layanan bisnisnya dengan merambah layanan reparasi untuk mobil dan truk Foton, merek kendaraan asal Tiongkok.

Rencana ekspansi ini akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dijadwalkan pada 24 September 2024.

Menurut prospektus singkat yang dikutip pada Kamis (12/9), HEXA akan menjadi distributor truk Foton melalui kerja sama dengan PT Foton Pemasaran & Penjualan Indonesia, yang bertindak sebagai perwakilan Principal brand Foton. Truk Foton yang akan didistribusikan oleh HEXA adalah jenis completely built up (CBU) yang diimpor langsung dari Tiongkok.

Ekspansi usaha ini akan didanai melalui rollover atas kas perusahaan. Per Juni 2024, total aset HEXA tercatat sebesar US$406,55 juta, dengan total liabilitas mencapai US$221,66 juta, dan total liabilitas dan ekuitas sebesar US$406,54 juta.

Selama ini, HEXA dikenal sebagai distributor alat berat, termasuk ekskavator berkapasitas 6 ton ke atas, wheel loader, mini ekskavator, dan articulated dump truck. Dengan masuk ke layanan reparasi truk Foton, HEXA berupaya memperluas portofolio bisnisnya dan memperkuat posisinya di industri distribusi alat berat dan kendaraan komersial.