EmitenNews.com—PT Gudang Garam Tbk (GGRM) melalui entitas anaknya Surya Dhoho Investama ( SDHI ) menandatangani perjanjian kerja sama operasi (KSO) bersama PT Angkasa Pura I terkait pengelolaan Bandara Internasional Kediri.

 

Perjanjian KSO diteken pada 27 Maret 2023, antara SDHI selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP), sedangkan AP 1 sebagai Badan Usaha Bandar Udara ( BUBU ).

 

Berdasarkan keterbukaan informasi, Rabu (29/3/2023), kolaborasi kedua entitas merupakan tindak lanjut pelaksanaan Perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha ( KPBU ) yang diteken SDHI dan Kementerian Perhubungan pada 7 September 2022.

 

Sesuai perjanjian KSO, SDHI dan AP I sepakat untuk menyelenggarakan pelayanan, dan jasa kebandarudaraan dalam jangka waktu 50 tahun.

 

Adapun total nilai investasi mencapai Rp10,8 triliun. Secara rinci, Rp6,6 triliun pada tahap I mencapai Rp1,2 triliun pada tahap II mencapai dan Rp3 triliun pada tahap III.

 

Dengan pembangunan ini kapasitas penumpang bandara untuk Tahap I mampu menampung 1,5 juta penumpang per tahun, tahap II 4,5 juta penumpang per tahun dan tahap III 10 juta penumpang per tahun.

 

Sampai Juni 2022, progres pembangunan Bandara secara keseluruhan telah mencapai 50%. Untuk pekerjaan tanah progresnya sudah sebesar 83,16%, pada sisi udara atau airside 15,35%, dan pada sisi darat atau landside 3,06%.